Pertajam Pasar Keuangan, Menkeu, BI dan OJK Buat Kesepakatan

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo, dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) untuk mempertajam koordinasi.

Ketiga petinggi keuangan ini sepakat menjalin kerjasama untuk lebih melakukan pengembangan dan pendalaman pasar keuangan dengan tujuan mendukung pembiayaan pembangunan nasional. 

"Pembiayaan untuk pembangunan sangatlah diperlukan bagi Indonesia saat ini guna mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi, berkesinambungan, dan inklusif," ujar Ketua Dewan Komisaris OJK Muliaman di Jakarta, Jumat (8/4/2016). 

Menurut Muliaman, pasar keuangan yang dalam, aktif, likuid, inklusif, dan efisien adalah prasyarat untuk meningkatkan ketersediaan dana bagi pembangunan. 

"Hal ini bisa dicapai melalui mekanisme pasar keuangan, meningkatkan efektivitas implementasi kebijakan fiskal dan moneter serta menyediakan sarana manajemen risiko dan likuiditas bagi pelaku usaha," katanya. 

Oleh karena itu, kesepahaman dan koordinasi yang erat antara lembaga sangatlah diperlukan dalam upaya percepatan pengembangan dan pendalaman pasar keuangan di Indonesia. (mk)