Persija Jakarta Tekuk Madura United

By ommed


nusakini.com - Kendati mencatat kemenangan 3-2 atas Madura United di Stadion Moch Soebroto pada pertandingan pekan kedelapan Liga 1 2021/22, Jumat (22/10) malam WIB, pelatih Persija Jakarta Angelo Alessio melampiaskan kekecewaan dengan menendang botol.

Kekesalan Alessio ini disebabkan dirinya tidak menyangka Madura United bisa mencetak dua gol di Injury time. Padahal, sebelumnya Persija sudah mengungguli tuan rumah dengan skor 3-0. Alessio pun terlihat meluapkan kekecewaannya sambil menendang botol selepas wasit meniup peluit panjang.

Terlepas dari kekesalan Alessio, kemenangan atas Madura United mengangkat posisi Persija Jakarta ke peringkat empat klasemen sementara setelah mengumpulkan nilai 13. Sedangkan Madura United turun satu tangga ke posisi 12 dengan nilai delapan.


Pertandingan antara Madura United dan Persija berlangsung menarik, karena kedua tim memperlihatkan permainan terbuka. Serangan silih berganti dilakukan Madura United dan Persija agar bisa mengungguli lawannya.

Kendati demikian, tidak banyak ancaman serius yang mampu dihadirkan Madura United dan Persija. Perebutan bola lebih sering terjadi di sektor tengah. Madura United mencoba melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, tapi tidak membuahkan hasil.

Persija akhirnya membuka keunggulan ketika laga memasuki menit ke-20. Menerima umpan dari Rezaldi Hehanusa, Marko Simic melepaskan tendangan melengkung dari luar kotak penalti yang tak bisa dijangkau kiper Muhammad Ridho.

Madura United memberikan respons setelah gawang mereka dibobol Simic. Peluang diperoleh Hugo 'Jaja' Gomes, tapi sepakannya menyambut bola muntah mengarah ke pelukan penjaga gawang Andritany Ardhiyasa.

Selanjutnya, peluang emas diperoleh Persija pada menit ke-38. Riko Simanjuntak sukses mencuri bola, dan memberikan umpan silang ke depan kotak penalti. Simic gagal menendang bola, tapi si kulit bundar jatuh ke kaki Alfriyanto Nico yang berdiri bebas. Sayangnya, tendangan Nico melayang di atas mistar. Skor 1-0 untuk keunggulan Persija bertahan hingga babak pertama usai.


Madura United yang tertinggal satu gol meningkatkan irama permainan untuk menyamakan kedudukan di babak kedua. Sebaliknya, Persija tidak mengubah skema mereka, karena menganggap belum aman.

Alih-alih menyamakan kedudukan, gawang Madura United justru kebobolan untuk kedua kalinya pada menit ke-52. Menerima umpan pendek Rezaldi, Nico menusuk ke dalam kotak penalti, dan melepaskan tendangan dari sudut sempit, sehingga mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Gol ini memberikan pengaruh terhadap Madura United. Akibatnya, Persija sukses memperlebar keunggulan selang dua menit kemudian. Umpan Riko dari sisi kanan serangan diselesaikan dengan tandukan Simic yang tak bisa dicegah Ridho masuk ke dalam gawangnya.

Madura United yang tertinggal tiga gol masih berusaha memperkecil ketertinggalan. Peluang diperoleh Rafael Silva ketika laga berjalan satu jam, namun bola sundulannya masih menghajar mistar.

Laskar Sape Kerrab akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan lewat eksekusi penalti Jaja di injury time. Tak lama berselang, tendangan bebas Rafael Silva menjebol gawang Andritany. Sayangnya, waktu tersisa yang dimiliki tidak cukup, sehingga Madura United menelan kekalahan 3-2. (gi/om)