Perkokoh Kemitraan di Bidang Riset, Jokowi Berkunjung ke Kartor Pusat Huawei

By Admin


nusakini.com - Pada hari ketiga kunjungannya ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Minggu (4/9/2016) ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana akan mengunjungi kantor pusat sekaligus pusat produksi industri telekomunikasi dunia Huawei, di Hangzhou.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, ada beberapa alasan dilakukannya kunjungan Presiden Jokowi itu. Pertama, karena Huawei ini perusahaan smartphone ketiga terbesar di seluruh dunia setelah Samsung dan Apple. Yang kedua, dari segi research and development, Huawei cukup kuat di bidang ini.

“Dalam kunjungan Presiden nanti ke Huawei, kita akan juga membahas mengenai masalah kemungkinan vocational trainingdi research-research center yang dimiliki di Huawei yang tidak hanya berada di Tiongkok, di RRT tetapi juga di Eropa dan di Amerika,” jelas Retno kepada wartawan, di Hangzhou, RRT, Minggu (4/9/2016) pagi.

Selain itu, lanjut Menlu, Huawei juga sudah memiliki kerja sama dengan 6 (enam) universitas besar di Indonesia untuk alih teknologi.

“Menurut Pak Menkominfo juga kemungkinan besar akan ada kerja sama antara Huawei dengan Indonesia dalam rangka penyelenggaraan Asian Games 2018,” tambah Retno.(p/mk)