Peringati Hari Bumi Kehutanan Unsulbar Bersama BBKSDA Sulsel Gelar PANGALE

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Mamuju--Keluarga Mahasiswa Kehutanan Universitas Sulawesi Barat (KEMAHUT) gelar Street Campaign kerjasama dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sulsel. (Seksi Konservasi Wilayah 1 Mamuju,) 

Kegiatan sebagai rangkaian peringati Hari Bumi Tahun 2019, memilih Tema " Pangale 2019" yang dilaksanakan oleh Sylva kehutanan Unsulbar . Bertempat di Plaza Rektorat Kampus Unsulbar Kabupaten Majene. Sabtu, (20/4/2019) sore.

Kegiatan dihadiri Kepala Bagian Tata Usaha Balai besar KSDA Sulsel, Ellyyana Said, mewakili Kepala BBKSDA, Kepala Bidang Wilayay I, SKW I Mamuju, Ir. Alias, Plh. Kasubag perencanaan BBKSDA SulSel. Murniaty S. Hut, Kaprodi diwakili DR. Ritabulan, S.Hut., M. Si., Kehutanan Fakultas Pertahut Unsulbar serta Staf SKW I Mamuju dan Mahasiswa jurusan Kehutanan Unsulbar. 

Peserta didominasi Mahasiswa/wi dan dosen Unsulbar begitu antusias mengikuti acara street campaign yang juga diramaikan oleh kehadiran 2 badut satwa endemik sulawesi yaitu anoa dan rangkong dan komunitas Reptil Majene yang menampilkan satwa liar yang tidak dilindungi.

Kegiatan yang digelar di halaman Rektorat Unsulbar memilih tema "Pilih Sampah atau bumi, pilih gundul atau rindang".

Dalam sambutannya Ibu Ellyanna Said selaku Kepala Bagian Tata Usaha BBKSDA Sulsel, mengatakan "saya sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi adik-adik mahasiswa kehutanan."

"PANGALE ini mempunyai arti luar biasa yaitu penguatan nilai gerakan Alam lestari"

Ellyyan Said, memotivasi, mahasiswa untuk selalu kreatif dan inovatof di era millenial yang penuh tantangan. 

"Gerakan-gerakan cinta dan peduli Bumi dapat ditunjukkan dari diri sendiri dengan perilaku ramah lingkungan, seperti menanam, hemat energi dan hemat kertas dilingkungan kampus" jelas Ellyyana Said

Kegiatan dibuka oleh kepala Bidang Wilayah I, SKW I BKSDA Sulsel. Ir. Alias.

Ir. Alias di depan mahasiswa mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian mahasiswa pada lingkungan dan alam.

"Kegiatan ini sebagai bagian dari kerjasama yang telah dilakukan. Dihatapkan menjadi kreatifitas mahasiswa sebagai wujud mencinta alam" jelas Alias. 

Moch Ilham Ketua Kemahut PC Unsulbar mengatakan kegiatan selama 2 hari akan meriak dengan kegiatan antara lain, pameran, penanaman pohon, pentas seni, diskusi ilmiah, lomba kreasi sampah daur ulang, dan lomba kontes foto alam.

Sebelumnya ditempat terpisah tim BBKSDA diterima Rektor Unsulbar untuk tujuan kerjasama kedua belahpihak, dalam hal ini, Pihan Unsulbar dan BBKSDA. 

Saat menerima Tim yang dipimpin Ellyyana Said, pihak Unsulbar menerima dengan sangat positif yang dipimpin langsung Rektor, DR. Akhmal Djalaluddin, M. Si. 

"kita sangat berharap pertemuan ini memberi berkah. Kegiatan ini di harapan ditindaklanjuti oleh mahasiswa di area Taman Nasiona Gandang Dewata untuk ."

Di akhir pertemuan Ellyyana Said memberikan Buku Gandang Dewata dan Tumbler.(R/Rajendra)