Perindo Sanggupi Beli Hasil Tangkapan Nelayan Jembrana

By Admin


nusakini.com - Menteri Kelautan Dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat bertatap muka dengan nelayan, di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Sabtu (4/6/2016), meminta dua perusahaan perikanan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), membeli ikan hasil tangkapan nelayan Kabupaten Jembrana, Bali.

"Perindo dan Perinus, sebagai perusahaan BUMN harus membeli ikan nelayan disini agar harganya stabil," Minta Susi. 

Susi mengatakan, PT Perikanan Nusantara (Perinus) dan Perum Perikanan Indonesia (Perindo), bisa memainkan peran agar harga ikan tidak anjlok saat hasil tangkapan nelayan melimpah. 

Kepada pimpinan Perindo dan Perinus yang hadir, Susi memerintahkan mereka untuk secepatnya melaksanakan hal tersebut, termasuk membangun cold storage di areal PPN untuk menampung ikan. 

Karena dengan peran dua BUMN tersebut, lanjut Susi, pihaknya berharap harga ikan jenis lemuru, yang merupakan hasil tangkap laut utama di Kabupaten Jembrana, harganya bisa naik dari semula Rp4 ribu, bisa naik hingga Rp9 ribu perkilogram. 

Di tempat yang sama, Perindo langsung menyanggupi, melaksanakan perintah Susi, dua minggu ke depan. Sedangkan Perinus minta waktu sampai usai Hari Raya Idul Fitri.(if/mk)