Perilaku Wirausaha Indonesia Paling Unggul di Asean Tapi Kurang Inovasi

By Admin


Nusakini.com - JAKARTA - Perilaku wirausaha masyarakat Indonesia dinilai terbaik di Asean. Penilaian ini diungkap Team Global Entrepreneurship  Monitoring Mandiri Institute Indonesia (TGEMMII) yang melakukan penelitian selama enam bulan.

Menurut Catharina Badra Nawangpalupi dari TGEMMII, Indonesia menempati posisi teratas mencapai 62,7 persen dari 10 negara ASEAN dan  negara tetangga. Setelah itu, Filipina dengan persentase mencapai 57,2 persen, Vietnam 54,4 persen, Cina 50,9 persen. "Jepang justru paling rendah dengan persentase perilaku wirausaha hanya 27,3 persen," ungkap Chatarina.

Chatarina menambahkan perilaku wirausaha masyarakat Indonesia memang cukup tinggi yang ditandai dengan kecilnya rasa takut gagal dalam berwirausaha. Selain itu, ada anggapan bahwa wirausahawan merupakan profesi yang positif.

Meski begitu, para wirausaha Indonesia dinilai kurang melakukan inovasi."Alhasil banyak produk mereka mirip-mirip dengan pesaingnya sehingga tidak mampu mencapai pasar lebih besar," tuturnya. (ab)