Perdana Menteri Kamboja Perintahkan Peliharaan Singa Dikembalikan ke Pemiliknya

By Nad

nusakini.com - Internasional - Peliharaan singa yang disita pemerintah Kamboja pada akhir bulan lalu telah dikembalikan kepada pemiliknya setelah intervensi dari perdana menteri Kamboja. Sebelumnya, pihak yang bertanggung jawab menyatakan singa yang berusia 18 bulan ini diselundupkan secara ilegal ke Kamboja oleh pemiliknya yang berkewarganegaraan Cina.

Pemerintah kemudian melakukan penyelidikan pada bulan April setelah melihat video-video TikTok mengenai singa tersebut di sebuah villa di ibukota Phnom Penh. Singa yang memiliki berat badan 70kg ini akhirnya disita pada tanggal 27 Juni dan dipindahkan ke pusat perlindungan.

Semenjak singanya disita, pemilik yang bernama Zhai Xinjiang mengajukan permohonan agar peliharaannya dikembalikan padanya melalui media sosial dan wawancara.

Pada hari Minggu (4/7) sore, Perdana Menteri Hun Sen merespon permintaan pemilik tersebut yang diunggah di Facebook. Ia mengatakan telah memberitahu Menteri Agrikultur Veng Sakhon dan telah menyetujui pengembalian singa kepada pemilik dengan syarat hewan ini harus dimasukkan dalam kandang yang layak.

Ia juga memerintahkan pihak yang bertanggung jawab untuk mengembalikan uang denda yang sudah dibayar oleh Zhang, dimana Zhang dikabarkan bahwa ia didenda sebesar 434 juta rupiah.

Zhang kemudian menyatakan terima kasihnya kepada perdana menteri melalui komentar di unggahan Facebooknya dan menyuarakan rasa berterima kasih kepada warga Kamboja atas dukungan dan bantuan yang mereka berikan.

Menteri Agrikultur menyampaikan ke media berita bahwa keputusan ini adalah bentuk simpati perdana menteri. Ia juga memastikan bahwa singa ini akan dijaga baik-baik.