Perdana Menteri Bangladesh Resmikan Pengoperasian Gerbong Kereta Api Buatan PT INKA

By Admin

nusakini.com-- Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina meresmikan pengoperasian Sonar Bangla Express rute antar kota Dhaka-Chittagong-Dhaka pada Sabtu (25/6). Gerbong kereta api tersebut merupakan hasil karya PT INKA yang dibeli oleh Railway Bangladesh sebanyak 150 unit. 

Hingga saat ini sudah 37 unit gerbong telah dikirim ke Bangladesh dan sisanya akan dikirim secara bertahap hingga akhir September 2016. Peresmian yang dilakukan di Stasiun Kereta Api Kamalapur tersebut dihadiri oleh Menteri perkereta apian Bangladesh, dan beberapa anggota Parlemen, serta pejabat pemerintah terkait lainnya. 

Mewakili Indonesia, hadir Duta Besar Republik Indonesia untuk Bangladesh, Iwan Wiranataatmadja, Direktur Utama PT INKA, R. Agus H. Purnomo, Direktur Komersial dan Teknologi PT INKA, Yunendar Aryo Handoko, General Manager Pemasaran Luar Negeri dan Pengembangan Produk PT INKA, Wishnudartha Pagehgiri dan Senior Manager Pemasaran Luar Negeri PT INKA, Wai Wahdan, Asisten Deputi Kementerian BUMN, Wien Irwanto, Manager Hubungan Internasional Bank Exim Indonesia, Ilham Mustafa, dan Kepala BUMN Bank Exim Indonesia, Nilla Meiditha serta pejabat KBRI Dhaka. 

Peresmian penggunaan gerbong kereta PT INKA tersebut penting bagi Bangladesh mengingat kebutuhan transportasi yang layak dan nyaman bagi masyarakat Bangladesh sudah sangat mendesak. Pemerintah Bangladesh saat ini terus berupaya membangun dan membenahi infrastruktur Bangladesh termasuk transportasi kereta api.

Kebutuhan akan gerbong kereta api dan produk pendukung perkeretaapian Bangladesh lainnya masih akan terus berlanjut di masa-masa mendatang. Hal ini merupakan peluang yang sangat baik bagi Indonesia untuk menghadirkan kemampuan teknologi serta keunggulan industri perkeretaapian Indonesia di Bangladesh. (p/ab)