nusakini.com - Internasional - Artis hip-hop Kanye West harus divaksinasi penuh jika dia ingin memberikan konser di Australia, kata Scott Morrison pada hari Sabtu (29/1), setelah media mengatakan artis tersebut merencanakan tur Australia pada bulan Maret.

Peringatan itu datang hanya dua minggu setelah harapan juara tenis Novak Djokovic untuk gelar Australia Open pupus ketika pengadilan menguatkan keputusan pemerintah untuk membatalkan visanya karena aturan Covid-19 dan statusnya yang tidak divaksinasi.

“Aturannya adalah Anda harus divaksinasi sepenuhnya,” kata Morrison pada konferensi pers pada hari Sabtu. “Itu berlaku untuk semua orang, seperti yang dilihat orang baru-baru ini. Tidak masalah siapa Anda, itu adalah aturannya. Ikuti aturan – Anda bisa datang. Anda tidak mengikuti aturan, Anda tidak bisa.”

Pernyataan Morrison mengikuti laporan pada hari Jumat (28/1) di Sydney Morning Herald, mengutip sumber-sumber industri, yang mengatakan West berencana untuk memainkan konser stadion di Australia pada bulan Maret.

Perwakilan West, yang merilis album terbarunya, Donda, pada bulan Juli, tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Status vaksinasi West, kandidat presiden AS 2020 yang memenangkan kurang dari 60.000 suara, tidak diketahui.

Dalam wawancara tahun 2021 di media sosial dia mengatakan dia telah menerima satu dosis vaksin tetapi dalam wawancara tahun 2020 dengan majalah bisnis Forbes, dia menyebut mendapatkan vaksinasi sebagai "tanda binatang".

Australia, salah satu negara yang paling banyak divaksinasi terhadap Covid-19, telah berjuang melawan gelombang infeksi yang eksplosif dalam sebulan terakhir yang didorong oleh varian Omicron yang menyebar cepat, dengan sekitar 2 juta kasus tercatat.

Sampai saat itu, hanya ada 400.000 kasus sejak pandemi pertama kali melanda hampir dua tahun lalu.

Pada hari Sabtu, 97 orang meninggal, setelah rekor pandemi pada hari Jumat 98 kematian. Pejabat kesehatan di beberapa negara bagian mengatakan, bagaimanapun, bahwa penerimaan di rumah sakit tidak stabil atau menunjukkan tanda-tanda penurunan. (theguardian/dd)