Percepat Unit Layanan Disabilitas Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar Gelar FGD

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar mengadakan Focus Group Discussion(FGD) temu inklusi disabilitas Ketenagakerjaan yang digelar di Hotel Aston Makassar. Kamis (2/12/2021).

Dengan mengusung tema "Temu Inklusi Disabilitas Ketenagakerjaan, FGD ini diselenggarakan dalam rangka memastikan hak hak dan kesejahteraan penyandang disabilitas dapat terpenuhi.

Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan, Kerja Dr. Baharuddin Mustamin, S.STP, M.Si, menyampaikan, terselenggaranya FGD ini diharapkan dapat melahirkan ide ide cemerlang atau gagasan terkait ketenagakerjaan yang inklusif.

"Dengan adanya FGD ini diharapkan Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk mengarusutamakan inklusi disabilitas. Kita harus memastikan hak dan kesejahteraan penyandang disabilitas terlindungi," kata Bahar disela sela berlangsungnya acara.

Menurutnya, percepatan realisasi Unit Layanan Disabilitas (ULD) saat ini memang dipandang sangat perlu dilaksanakan di masing masing lingkup pemerintah daerah, apalagi telah menjadi amanah dari PP 60/2020.

"Kita harapkan juga dalam FGD ini agar setiap Pemda, Perusahaan Swasta, maupun BUMN, BUMD serta SKPD terkait dapat memahami dan membentuk ULD Ketenagakerjaan," jelasnya.

Selain dihadiri organisasi penyandang disabiltas, yang ada di kota Makassar turut dihadiri pula pimpinan Perusahaan Swasta, BUMN, BUMD serta SKPD terkait.

Acara ditandai dengan pemukulan Gong oleh Kadis Ketenagakerjaan Kota Makassar Nielma Palamba.

Dalam FGD ini dinas tenaga kerja juga mengundang tiga Narasumber diantaranya; Muhammad Isnaeni pengurus APINDO sulsel, Nur Syarif Ramadhan Peneliti Perdik Sulsel, serta Baso Halim Fachri Ketua GNIK area Sulsel.(yat)