Perangko Edisi Khusus Gerhana Laris Manis Terjual

By Admin


Nusakini.com –SURABAYA- Fenomena gerhana matahari total (GMT) yang terjadi di 12 provinsi di Indonesia seperti di Sumatera Selatan, Kalimantan, dan Sulawesi menjadi momen yang penting bagi Indonesia. Merespon hal tersebut, PT Pos Indonesia mengeluarkan perangko edisi khusus seri GMT di berbagai kota dengan jumlah yang sangat terbatas.

Perangko berdesain tokoh pewayangan batara kala yang yang tengan menelan matahari itu bisa disimbolkan sebagai gerhana matahari.

Di kota Surabaya Perangko ini laris manis dengan harga Rp. 100.000. Kepala Kantor PT Pos Indonesia Cabang Kebonrojo Surabaya Hidayat mengatakan terdapat tiga jenis paket perangko yang siap diperjualkan secara bebas kepada masyarakat. Pertama adalah satu set perangko yang berisi 24 lembar, kedua suvenir set yang berisi 3 lembar perangko, ketiga perangko SHP (Sampul Hari Pertama).

"Dari segi harga kami tawarkan kepada masyarakat sangat ekonomis, hanya mengeluarkan nominal sebesar Rp 100 ribu saja, pengunjung bisa mendapatkan ketiga jenis perangko edisi terbatas ini," kata Hidayat di Surabaya, seperti dilansir Antara, Rabu (9/3).

Dia menambahkan, dengan adanya paket tersebut, PT Pos Indonesia berhasil menjual 100 paket perangko edisi GMT ini. Hal ini menandakan antusiasme warga Surabaya akan terjadinya fenomena langka tersebut.

PT. Pos Indonesia sendiri hanya mencetak sejumlah 300 ribu lembar secara nasional, dan hanya 250 lembar yang diedarkan di Kota Surabaya. Uniknya, perangko ini dibuat dengan gambar yang seolah bergerak dan memunculkan cahaya lewat aplikasi telepon seluler Android.

Meski dalam kondisi minim cahaya atau gelap, perangko khusus ini tetap bisa memunculkan cahaya karena terbuat dari bahan campuran fosfor. "Pergerakan cahaya pada perangko ini persis pergerakan gerhana matahari," ujar Hidayat. (mk)