Penjara Ini Lebih Mewah dari Hotel! Ada yang Mau Pindah Ke Sini?

By Admin


nusakini.com - Apa yang kamu bayangkan saat mendengar kata "penjara?" Bagi banyak orang, penjara adalah tempat yang harus dihindari. Di film, penjara biasanya digambarkan sebagai area dengan tempat tidur sempit dalam sel, makanan tidak enak, tidak ada kamar mandi pribadi, juga tidak bisa bebas ke mana-mana. Uniknya, nggak semua penjara nyeremin. Malah kalo kamu masuk penjara ini, bakalan betah banget tinggal di sana!

  1. Bastoy Prison, Norwegia


Nggak semua penjara itu mengadopsi filosofi penjara ala Amerika. Justru penjara di Norwegia ini nggak ketat dalam pengamanan.

Berlokasi di Bastoy Island, di tengah Oslofjord, justru penjara ini bagaikan surga duniawi. Masing-masing tahanan punya cottage sendiri dan mereka bekerja di peternakan yang dimiliki oleh penjara. 

Di waktu santai, mereka bisa bebas bermain tenis, memancing, juga mengendarai kuda bersama tahanan-tahanan yang lain. Malah jadi kayak liburan!

  • HMP Addiewell, Skotlandia


Penjara ini terletak di daerah selatan Skotlandia. Uniknya, penjara ini adalah penjara privat yang dikelola oleh Sodexo Justice Services.

Di sini tidak ada sel sama sekali, karena Addiewell adalah penjara untuk belajar. Setiap tahanan harus menghabiskan waktu selama 40 jam perminggu untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat atau menambah keahlian. 

Sehingga sampai waktunya mereka kembali ke kehidupan bermasyarakat. Hmm, malah lebih gampang dapet kerja, nih.

  • Otago Corrections Facility, Selandia Baru


Hanya ada 1 pintu masuk dan keluar serta 1 pagar listrik untuk semua pengunjung. Fasilitas di sini benar-benar diperhatikan. Setiap tahanan punya kamarnya sendiri-sendiri.

Di sini, semua tahanan bisa belajar keahlian baru dalam bidang rekayasa cahaya, pertanian, dan masak memasak. 

  • Justin Center Leoben, Austria


Penjara ini dikhususkan bagi pelaku kejahatan yang tidak melakukan kekerasan, contohnya saja pencurian.

Setiap tahanan benar-benar dimanjakan. Masing-masing memiliki sel sendiri, dengan kamar mandi pribadi, dapur kecil, dan televisi layar lebar. 

Untuk fasilitas bersama, disediakan pula lapangan basket, area rekreasi luar ruangan, serta ruang olahraga untuk latihan angkat barbel.

  • Aranjuez Prison, Spanyol

Lain negara, lain juga penjaranya. Karena ada banyak sekali kasus keluarga broken home di Amerika yang disebabkan satu atau dua pihak yang dipenjara, rupanya ini dijadikan bahan pertimbangan tertentu di Spanyol.

Di sini tersedia penjara dikhususkan untuk keluarga. Anak tahanan itu bisa ikut tinggal di penjara selama mereka hadir dalam acara presensi pagi dan malam.

  • Champ-Dollon Prison, Swiss


Dulunya Champ-Dollon terkenal sebagai penjara yang terlalu padat dengan tahanan terkena penyakit yang aneh-aneh serta kumuh. Merespon komentar negatif yang dikeluarkan oleh Council of Europe di tahun 2008, Swiss terpanggil untuk mengubah diri. 

Di tahun 2011, mereka menghabiskan dana hingga $40 juta untuk membangun area baru serta perbaikan. Setiap tahanan difasilitasi satu sel yang bisa dihuni sampai tiga orang termasuk kamar mandi khusus. Bukan hanya itu saja, lho. Kamar itu harus lulus dari kriteria UCLA sebelum dipakai oleh tahanan.

  • JVA Fuhsbuettel Prison, Jerman


Penjara ini adalah salah satu penjara termewah di dunia. Penjara yang direnovasi dan dibuka kembali di tahun 2011 ini memiliki fasilitas seperti kamar asrama.

Setiap sel memiliki 1 tempat tidur, 1 sofa, serta kamar mandi dengan toilet dan shower. Selain itu mereka juga difasilitasi untuk melakukan laundry sendiri-sendiri dan ruang konferensi bersama.

  • Sollentuna Prison, Swedia


Setiap sel difasilitasi dengan kasur yang nyaman dan empuk serta kamar mandi pribadi. Setelah mereka berlatih di ruang fitness, mereka bisa memasak di dapur bersama sebelum akhirnya bersantai sambil nonton TV di sofa. Tapi di sini nggak ada privasi sama sekali. Setiap inci di semua ruangan, selalu terdapat kamera pengawas. Hmm, nggak bisa kabur, deh.

  • Halden Prison, Norwegia


Balik lagi ke Norwegia, di sini ada juga penjara mewah lainnya. Di sini setaip orang memiliki sel dengan kamar mandi pribadi. Para tahanan berbagi dapur bersama. Terdapat juga fasilitas seperti perpustakaan, panjat dinding, serta studio rekaman bagi yang suka dengan dunia tarik suara.

  • Cebu Prison, Filipina


Penjara ini nggak begitu mewah dibanding penjara lainnya. Tapi para tahanan bisa menikmati waktu dengan menyanyi dan menari bersama dengan musik yang dipilihkan oleh sipir penjara. Cebu menjadi terkenal sejak mereka merilis video musik "Thriller." Mereka sering diundang dalam berbagai pertunjukan dan juga berbagi tanda tangan layaknya artis.

Naah gimana? Unik bukan? Sayangnya di Indonesia ga ada ya Gan, Kalo ada sih Udh Pasti ga Takut Buat Ngelanggar Hukum, gimana ga mau ngelanggar Penjaranya Mewah? (k/om)