Pengembangan Aspek Bela Diri Dalam Pencak Silat

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Dewan Pembina DPP Pendekar Muslim Indonesia (PMI), Imron Husein menyatakan, sebagai warisan adiluhung dari para leluhur, pencak silat memiliki tujuan mulia dalam menempa lahir dan batin generasi penerus.

 Ada beberapa tujuan penting dari berlatih pencak silat. Pertama pengembangan mental spiritual.

"Ada beberapa tujuan penting dari berlatih pencak silat. Pertama pengembangan mental spiritual. Itu telah dibahas di kampungsilat.com," ujar Imron, Selasa (30/11).

Selain mengembangkan aspek bela diri, lanjut Imron, berlatih pencak silat juga dapat mengembangkan keterampilan, sikap, kepribadian, serta rasa kebangsaan. Sehingga tercipta pribadi yang mumpuni, baik jasmani dan rohani.

Imron yang juga Ketua Umum Yayasan Tunas Kelapa (YTK) ini menambahkan, aspek bela dari dalam pencak silat bertujuan untuk meningkatkan efektifitas serta keterampilan untuk menjaga keselamatan serta harga diri, baik bagi para pengikutnya maupun bagi bangsa dan negara.

Selain itu, berlatih pencak silat juga dapat meningkatkan sikap tanggap, cermat serta peka dalam menanggapi maupun memahami segala permasalahan yang dihadapi.

"Yang tak kalah penting dari itu semua adalah meningkatkan ketangguhan atau keuletan dalam pengembangan kemampuan dasar dari dalam diri masing-masing," tandasnya.(rls)