Pengadaan Blanko KTP El, Kemendagri Sediakan 25,9 Juta Keping

By Admin

nusakini.com-- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan mempercepat proses lelang pembuatan blanko KTP Elektronik (KTP El). Pengadaannya kali ini sebanyak 25,9 juta keping untuk menutup kebutuhan saat ini dengan menggunakan anggaran 2017. 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, memang sebelumnya lelang untuk blanko KTP El kemarin gagal. Dari 5 perusahaan yang tender kemarin semuanya tidak memenuhi syarat sehingga lelang tersebut batal berlangsung. 

"Dari lima yang ikut tender gak ada yg memenuhi syarat. Ini akan kami buka lelang lagi," kata Mendagri Tjahjo Kumolo di kantor BPPT, Rabu (16/11). 

Terkait dengan perusahaan yang akan ikut tender, Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan semuanya tak memenuhi persyaratan. Pihaknya tidak berani memaksakan diri, karena akan menjadi masalah hukum bila ditetapkan pemenangnya. 

Sebagai solusi, kata dia sampai dengan tersedianya blangko tetap dapat diterbitkan surat keterangan oleh Dinas Dukcapil. Dia menjelaskan, pihaknya akan melakukan proses lelang pengadaan blangko KTP El Anggaran 2017 lebih cepat (Pra DIPA). “Agar bulan Januari 2017 blangko sudah tersedia kembali,” jelasnya. 

“Ini pengumuman saya ke para Kadis untuk pemberitahuan sambil kirim surat resmi. Ini kami lakukan untuk akuntabilitas dan memberikan kepastian hukum agar para Kadis bisa menempelkan di papan pengumuman di daerah masing-masing. Agar masyarakat memaklumi kondisi yang terjadi.” (p/ab)