Penembakan di Denver, AS Tewaskan 4 Orang

By Nad

nusakini.com - Internasional - Seorang pria bersenjata menewaskan empat orang dan melukai beberapa orang lainnya, termasuk seorang petugas polisi, Senin (27/12) malam dalam aksi besar-besaran di seluruh wilayah metro Denver yang mencakup kejar-kejaran mobil dan baku tembak dengan polisi, kata pihak berwenang.

Tersangka juga tewas, kata pihak berwenang. Motifnya masih belum diketahui.

Pria bersenjata itu diduga melepaskan tembakan ke empat tempat di kota dan kabupaten Denver, kata Kepala Polisi Paul Pazen Senin malam dalam konferensi pers. Ada lebih banyak lokasi penembakan di pinggiran Lakewood, sekitar 12km sebelah barat pusat kota Denver.

Peristiwa ini adalah salah satu yang terbaru dari lebih dari 675 penembakan massal di Amerika Serikat sepanjang tahun ini yang menewaskan empat orang atau lebih atau terluka, menurut Arsip Kekerasan Senjata.

Penembakan di daerah Denver dimulai tepat setelah pukul 5 sore hari Senin ketika dua wanita tewas dan seorang pria terluka di First Avenue dan Broadway di lingkungan Broadway Selatan yang sibuk di kota itu, kata Pazen.

Seorang pria kemudian dibunuh beberapa blok jauhnya di 12th Avenue dan Williams Street, kata Pazen.

Penembakan ketiga terjadi di dekat Departemen Darurat Kesehatan Denver di Sixth Avenue dan Cherokee Street, tanpa cedera yang dilaporkan di sana, kata kepala polisi.

Petugas Polisi Denver mengidentifikasi kendaraan yang terkait dengan insiden ini dan mengejarnya, yang menyebabkan baku tembak antara tersangka dan petugas, kata Pazen.

"Kami yakin individu tersebut, setelah melumpuhkan mobil polisi, melarikan diri ke Lakewood," ucapnya.

Polisi di Lakewood kemudian mendapat panggilan mengenai peluru-peluru yang ditembakkan ke sebuah bisnis di Kipling Street tepat sebelum pukul 6 sore, juru bicara Kepolisian Lakewood John Romero mengatakan selama konferensi pers.

Satu orang dinyatakan tewas di tempat itu.

Polisi Lakewood menemukan mobil tersangka, dan saat mereka mendekat, pengemudi mulai menembak dan polisi membalas tembakan, jelas Romero.

Tersangka kemudian berlari ke area perbelanjaan Belmar dan diduga mengancam bisnis lain dengan senjata api sebelum berlindung di sebuah hotel Hyatt Place.

Di sana, tersangka diduga menembak petugas, katanya. Petugas itu dibawa ke rumah sakit, tetapi Romero mengatakan dia tidak tahu sejauh mana luka-lukanya.

Tersangka kemudian melarikan diri dari daerah itu dan menembak serta melukai seorang petugas Polisi Lakewood, kata Romero. Polisi dan tersangka saling tembak-menembak lagi, dan pria bersenjata itu tewas, kata polisi.