Penembak Tewaskan 4 Orang di Dekat Kedutaan Besar Perancis di Tanzania

By Nad

nusakini.com - Internasional - Seorang penembak menewaskan tiga petugas polisi dan satu satpam swasta dalam penyerangan di daerah diplomasi kota Dar es Salaam, Tanzania pada hari Rabu (25/8). Ia akhirnya ditembak mati saat berada di pos jaga yang terletak di depan pagar Kedutaan Besar Perancis.

Rekaman video di internet, yang disyuting dari saksi-saksi yang berada di gedung-gedung seberang kedutaan Perancis, menunjukkan penembak tersebut masuk ke pos jaga. Ia terlibat baku tembak dalam jarak dekat dengan polisi dan penjaga kedutaan.

Polisi mengatakan penyerang tersebut pertama menembak dua polisi menggunakan pistol di sebuah persimpangan jalan di daerah yang berisikan kedutaan-kedutaan di Tanzania. Ia kemudian mengambil senjata dari polisi-polisi yang terkulai, lalu berjalan ke arah Kedutaan Perancis yang berjarak ratusan meter, dan menembak secara acak kemudian masuk ke pos jaga.

Presiden Samia Suluhu Hasan melalui Twitternya mengatakan penembak tersebut telah "dinetralisir" dan "kedamaian telah kembali".

Hassan menyampaikan duka citanya kepada kepolisian dan keluarga-keluarga dari polisi-polisi dan satpam perusahaan SGA yang tewas akibat penembak menyerang mereka di Dar es Salaam.

Enam orang mengalami cedera dan empat orang tewas dalam peristiwa penembakan ini.