Penebaran Benih Ikan Mas Di Waduk Tunggu Pampang Makassar

By Admin


nusakini.com - Dinas Kelautan Perikanan Pertanian Peternakan (DKP3) Kota Makassar melaksanakan kegiatan penebaran benih ikan mas di Waduk Tunggu Pampang Kelurahan Antang Kecamatan Manggala Kota Makassar sebanyak 25.000 ekor.

Kadis DKP3 Makassar Abd. Rahman Bando, SP, MSi menjelaskan bahwa program Restocking ini dilakukan adalah satu bentuk upaya merekonstruksi nasib masyarakat dengan memperkaya sumberdaya ikan di perairan umum Makassar sehingga meningkatkan populasi ikan yang dapat dimanfaatkan secara ekonomis untuk pemancing ikan diwilayah tersebut.


Restocking merupakan salah satu upaya untuk menambah stock benih ikan pada perairan yang dianggap telah mengalami kritis akibat padat tangkap atau pemanfaatannya yang berlebihan. 

Agar restocking ini bisa efektif, Rahman bando berharap agar masyarakat melakukan aktifitas memancing atau menggunakan jaring secara terkontrol serta ramah lingkungan, tidak menggunakan bahan kimia berbahaya dan strom ikan. Kadis yang aktif dilapangan ini mengingatkan agar perlu kehati-hatian pada proses aklimatisasi ( penyesuaiaan alam) bibit yang ditebar agar dapat berkembang biak dengan optimal sampai layak untuk ditangkap.


Hadir pada acara ini adalah  Kabid Perikanan DKP3 Zanty Shulsilawati, SPi, M.Si, Camat Manggala, Lurah Manggala, Lurah Antang, Ketua LPM Antang, Ketua LPM Manggala dan 24 Ketua ORW Kelurahan Manggala dan Antang serta masyarakat sekitat waduk.(sul)