Pendidikan Vokasi Hasilkan SDM Siap Kerja

By Admin

nusakini.com-- Sumber daya manusia yang berkualitas hanya dihasilkan melalui proses pendidikan yang kreatif, inovatif, dan mengedepankan akhlak mulia. 

Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri Prof Isa S Toha mengatakan pendidikan vokasi merupakan solusi dalam menghasilkan sumber daya manusia yang siap kerja. “Lulusan pendidikan vokasi mampu bersaing dengan lulusan pendidikan lainnya,” ujar Prof Isa.

Hal senada diungkapkan Direktur Politeknik Bandung (Polban) Dr Rahmad Imbang. “Pada era global pendidikan vokasi sangat tepat untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing tinggi,” ujar Rahmad.

Direktur Pembelajaran Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Paristiyanti Nurwardani mengatakan bahwa kualitas pendidikan vokasi akan memberikan layanan yang terbaik untuk anak bangsa Indonesia.

Menurutnya, lulusan pendidikan vokasi memiliki keunggulan baik dari keunggulan, keterampilan maupun pengalaman bekerja (magang) di Industri yang lebih banyak. ”Pemerintah selalu mendorong pendidikan vokasi untuk lebih banyak dan maju lagi,” ujarnya.

Ditambahkannya, Presiden Jokowi pada rangkaian kunjungan ke Eropa beberapa minggu lalu, mengatakan akan dilakukan kerja sama pendidikan vokasi dengan lemaga pendidikan di Jerman. Kerja sama pendidikan itu menyangkut beberapa bidang, yaitu teknik industri, kelistrikan, power plant, industri tekstil, kemaritiman, dan lainnya.(ab)