Pendampingan Bagi ODHA Sangat Penting

By Admin

Kepala Bagian Sosial Setda Kota Depok, Marjaya.

nusakini.com - Kepala Bagian Sosial Setda Kota Depok, Marjaya mengatakan, peranan pendamping sangat penting bagi para Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA). Hal tersebut disampaikannya saat ditemui di kegiatan pembinaan pendamping Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA), di Sasana Mulyo.

“Peranannya sangat penting, misalnya dengan cara mengingatkan minum obat, memberikan rujukan dan juga motivasi dalam menjalani hidup,” ujar Marjaya.

Untuk saat ini, Depok memiliki 33 relawan di seluruh kecamatan dengan perhitungan setiap kecamatan memiliki tiga relawan. Selain memberikan pendampingan, mereka juga melakukan pendataan ODHA yang belum terindentifikasi oleh Pemerintah, juga memberikan sosialiasi kepada masyarakat untuk mencegah bertambahnya kasus ini, tambah Marjaya.

“Selanjutnya, mereka akan memberikan rujukan ke Puskesmas, di mana Depok saat ini sudah memiliki 16 Puskesmas yang bisa memfasilitasi kasus HIV/AIDS,” tuturnya.

Marjaya melanjutkan, pengetahuan mengenai penyakit HIV/AIDS harus terus dilakukan secara masif untuk meminimalisir kemungkinan bertambahnya kasus ini di Kota Depok. Secara komulatif dari 2010 hingga Oktober 2016 telah ditemukan 775 kasus dan didominasi oleh usia produktif, terutama pada 2016 ditemukan 125 kasus HIV positif.

“Kadang ODHA malu dan merasa terkucilkan, untuk itu perlu ada pendampingan untuk memberikan motivasi mereka dalam menjalani hidup,” tutupnya. (ry/eg)