Pemulangan Samadikun Terkait Keputusan Politik

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Tidak mudah memulangkan Samadikun Hartono, buronan kasus BLBI tanpa keputusan politik. Hal itu ditegaskan Guru Besar Universitas Pertahanan Salim Said dalam diskusi bertajuk 'BLBI yang Nyaris Terlupa' di Jakarta, Sabtu (23/4/2016).

Menurut Salim, untuk menciptakan sebuah keputusan politik, masing-masing pihak dalam hal ini Indonesia dan Cina harus mempunyai modal. "Di mata Cina, kita punya modal misalnya proyek kereta api cepat dan pembangunan lain," ujar Salim.

Berbeda halnya dengan Singapura. Bagi Negeri Singa tersebut, Indonesia tak memiliki modal politik.

Salim menyebut Singapura berpikiran tanpa ada keputusan politik apapun investor Indonesia akan dengan sendirinya menanamkan investasi di sana. Itulah sebabnya meski Samadikun sempat tinggal begitu lama di sana, Pemerintah Singapura enggan menyerahkannya ke Indonesia.

Sebelum ditangkap di Cina, Samadikun dikabarkan pernah tinggal di Apartemen Beverly Hills Singapura. Namun pelariannya berakhir di tangan otoritas Cina.

Samadikun ditangkap ketika hendak menyaksikan ajang balapan F1 di Shanghai, Cina. Dia pun telah dipulangkan ke Tanah Air pada Kamis (21/4) malam.

Samadikun adalah mantan presiden komisaris PT Bank Modern, Tbk. Dia telah menyalahgunakan bantuan likuiditas dari Bank Indonesia. Tindakan tersebut pun telah mengakibatkan kerugian negara Rp 169 miliar.(ab)