Pemprov Sulsel Kembali Raih WTP, Gubernur NA: APIP Akan Diperkuat Untuk Memaksimalkan Pengawasan

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Pemerintah Provinsi Sulsel akhirnya berhasil mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas pengelolaan anggaran tahun 2019. 

Wahyu Priyono kepala perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Sulsel menyerahkan langsung Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Provinsi Sulsel tahun anggaran 2019 dengan opini WTP kepada Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah disaksikan ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari dikantor BPK Sulsel,Selasa (7/7). 

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengaku,bukan hal yang mudah untuk mempertahankan opini WTP selama 10 tahun berturut-turut yang tentunya membutuhkan kerja keras bersama.  

"Alhamdulillah Provinsi Sulsel dapat mempertahankan opini WTP,ini tentu bukan sesuatu yang mudah,apa lagi dengan beberapa catatan,yang akan segera diselesaikan dalam waktu 60 hari sesuai aturan yang diberikan,"ungkap Nurdin Abdullah.  

Ia menyebutkan aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) akan semakin diperkuat dengan menghadirkan sumber daya manusia yang kapabilitas dan berkwalitas sehingga memudahkan pengawasan dan pemeriksaan.  

"Kita harap APIP kita semakin kuat dengan menghadirkan SDM yang berkwalitas sehingga pemeriksaan dan pengawasan termasuk saat BPK melakukan pemeriksaan akan semakin mudah dan kita dapat bekerja dengan tenang,jangan sampai pada saat diujung baru bermasalah, ini kita tidak inginkan bersama,"sebutnya. 

Gubernur Sulsel, lebih jauh menekankan penggunaan uang bukan hanya sekedar pertanggung jawaban tapi azas mamfaatnya harus jelas dan tepat sasaran.  

"APBD yang digunakan bukan hanya sekedar dibelanja dan dipertanggung jawabkan tapi harus jelas azas manfaatnya ini yang sangat penting misalnya digunakan APBD 10 triliun bagaimana impeknya terhadap ekonomi, kesejahteraan dan kenyamanan masyarakat, pelayanan publik serta lainnya,"pungkasnya. 

Nurdin menambahkan seluruh elemen pemerintah harus melihat APBD bukan untuk dihabiskan tetapi bagaimana dengan itu harus menghasilkan.  

"Bersama seluruh elemen pemerintah,kita harus melihat APBD dengan bukan apa yang bisa didapat tetapi apa yang bisa diberikan,"tegasnya. 

"Kita akan terus melakukan penyempurnaan hingga kedepan provinsi sulsel bisa WTP dengan clean and clear serta itu akan menjadi apresiasi atas kinerja kita,"tutupnya.(p/ab)