Pemprov Jatim Pastikan Fasilitas Mudik Gratis Buat Warganya

By Abdi Satria


nusakini.com-Surabaya-Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan pihaknya bakal memfasilitasi warga Jatim yang merantau ke Jakarta untuk mudik gratis. Khofifah menjelaskan, mudik bareng dari Jakarta ke Jatim akan dilaksanakan pada 26 April 2022. Adapun untui titik keberangkatan difokuskan di Masjid Agung At-Tin.

Khofifah menambahkan, pihaknya menyediakan 10 bus untuk memfasilitasi warganya di Jakarta untuk mudik, dengan perkiraan jumlah penumpang sekitar 400 orang. "Namun jumlah itu bisa bertambah seiring dengan antusiasme pendaftar," ujarnya, Senin (25/4).

Khofifah menjelaskan detail rute tujuan mudik dari Jakarta ke Jatim yang disediakan. Yakni meliputi rute Jakarta-Pacitan 2 bus, Jakarta-Ponorogo-Magetan-Madiun-Ngawi 1 bus, Jakarta-Kertosono-Nganjuk 1 bus, Jakarta-Lamongan-Tuban-Bojonegoro 1 bus, Jakarta-Tulungagung-Kediri-Blitar 1 bus, Jakarta-Surabaya-Madura 2 bus, Jakarta-Malang 1 bus, dan Jakarta-Jember-Pasuruan-Probolinggo 1 bus.

"Bagi warga masyarakat yang mengikuti program mudik bareng dari Jakarta ke Jatim juga dipastikan gratis alias bebas biaya. Syarat utamanya adalah sudah disuntik vaksin booster serta berkas pendukung yang dibutuhkan KTP dan KK," ujar Khofifah.

Untuk proses pendaftaran program Mudik Bareng Gratis tahun ini dilakukan mulai 21-24 April 2022. Khofifah berharap, dengan adanya program mudik gratis dapat mengurangi beban masyarakat, sekaligus mampu mengurangi beban jalan dan meminimalisir kemacetan.

"Dengan adanya mudik gratis, diharapkan volume kendaraan lebih sedikit, sehingga mampu mengurai tingkat kemacetan,” kata dia.(Rep)