Pemkot dan Istana Bogor Bakal Gelar Istana untuk Rakyat

By Admin


nusakini.com - Dalam rangka Hari Jadi ke-534 Kota Bogor, Pemkot Bogor bersama Istana Kepresidenan Bogor menggelar Istana untuk Rakyat (Istura) selama (5) lima hari. Istura memungkinkan masyarakat mengelilingi Istana Kepresidenan Bogor secara gratis.

Rencananya, Istura digelar mulai Selasa 24 Mei hingga Kamis 26 Mei, serta Senin-Selasa, 30-31 Mei. Acara ini digelar sekali setiap tahun. 

Menurut Kepala Sub Bagian Rumah Tangga dan Protokoler Istana Kepresidenan Bogor, Endang Sumitra, mengatakan perjalanan pengunjung dimulai dari halaman DPRD Kota Bogor. Pengunjung memasuki istana dengan berjalan kaki melalui Pintu II dan harus mengikuti pemeriksaan petugas keamanan.

Setelah melalui pemeriksaan, pengunjung Istura dapat menikmati suasana halaman dan serambi istana, serta halaman belakang hingga tiba di Museum Balai Kirti. 

"Pengunjung akan keluar dari area melalui Pintu III dan dapat beristirahat sambil melihat souvenir yang terdapat di publik area,” kata Endang dalam rapat di Gedung Anno Istana Bogor, Kamis (19/5/2016). 

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Kota Bogor, Shahlan Rasyidi, mengatakan akan dibuat pos-pos pantau. Setiap pos akan menyiapkan petugas gabungan dari RAPI, Satpol PP, DLLAJ, dan dibantu anggota Pramuka. 

"Selain pos keamanan dan pengarah, kami juga menyiapkan pos kesehatan yang lokasinya dekat dengan Poliklinik Istana. Kami juga bekerja sama dengan PMI dan anggota PMR,” kata dia. 

Sekitar 1.000 peserta yang mayoritas rombongan siswa sekolah sudah mendaftar sejak hari pertama pendaftran, Rabu 18 Mei. Masyarakat yang tertarik mengunjungi Istana Bogor bisa mendaftar di Kantor Disbudparekraf di Jalan Pandu Raya dan di Balaikota Bogor antara pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.  

Peserta dari luar kota dapat mendaftar melalui panitia penyelenggara Istadi di nomor 081293750440 atau Yosef 085775522635.(if/mk)