nusakini.com--Pemerintah Kabupaten Lebak meraih penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara bidang perencanaan pembangunan daerah, kategori inovasi terbaik dari Gubernur Banten. Penyerahan anugerah diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahjo Kumolo pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Banten yang dilaksanakan di hotel Allium Kota Tangerang, Senin (10/4).  

"Sebagai kepala daerah, saya selalu mengintruksikan kepada seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk terus berinovasi dalam pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat," kata Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya. 

Menurutnya, ada beberapa terobosan yang dilakukan para kepala OPD seperti mantri Desa atau penyuluh Desa, mantri atau parawat keliling dan bidan keliling, kemudian konsep aplikasi pemeliharaan jalan yang dikembangkan Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat, serta inovasi yang dilakukan Dinas pemberdayaan masyarakat dan Desa mengenai BUMDes.

"Kita akan terus berinovasi untuk Kabupaten Lebak agar percepatan pembangunan benar-benar bisa dirasakan masyarakat," jelasnya. 

Sementara, Kepala badan perencanaan pembangunan daerah, Virgoyanti mengatakan Kriteria inovasi kebijakan, inovasi proses dan program daerah meliputi Kebijakan mantri tani desa dalam mendukung peningkatan pangan nasional. 

"Saya berharap anugerah ini lebih bisa memacu para OPD untuk terus berikhtiar dalam membuat terobosan yang bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.(p/ab)