Pemerintah Target Tidak Ada Lagi Anak Jalanan Pada 2017

By Admin


JAKARTA - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan Pemerintah menargetkan tidak ada lagi anak-anak yang hidup dan bekerja di jalanan pada 2017 mendatang. "Berada di jalanan membuat anak-anak itu rentan menjadi korban tindak kekerasan, eksploitasi seksual, serta penyalahgunaan narkoba," ujar Khofifah, Minggu (6/3/2016).

Berdasarkan data Kementerian Sosial menunjukkan anak yang berhadapan dengan hukum kebanyakan anak jalanan, yang jumlahnya sampai 18 ribu.

Untuk mewujudkan target itu pemerintah  membangun 11 panti sosial untuk merehabilitasi dan membina anak-anak yang berhadapan dengan hukum." Jika anak di bawah 16 tahun ditempatkan di Lembaga Pemasyarakatan (LP), maka yang terjadi bukan pembinaan tapi dipastikan akan terkontaminasi negatif dari orang-orang dewasa," jelasnya.

Khofifah menambahkan langkah pemerintah sudah sesuai dengan Undang-Undang Sistem Peradilan Anak. Dimana anak di bawah 16 tahun yang melakukan kriminal tidak bisa dihukum dan ditempatkan di Lembaga Pemasyarakat melainkan harus direhabilitasi di panti-panti sosial.(ab)