Pemerintah Sudah Kantongi Data Ribuan WNI Penyimpan Uang Di Luar Negeri

By Admin

nusakini.com--Pemerintah melalui Kementerian Keuangan mengaku telah mengantongi ribuan identitas Warga Negara Identitas (WNI) yang selama ini menempatkan dananya di luar negeri. 

"Data yang kami miliki itu ada 6.519 WNI. Jadi itu data di luar negeri yang tidak bisa diakses, termasuk oleh perbankan," kata Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro   dalam rapat kerja bersama Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Jakarta, Senin (23/5).

Bambang menyebutkan, ribuan WNI tersebut mayoritas menyimpan dana mereka di dua negara suaka pajak atau tax havens country. Sayangnya, mantan Pelaksana Tugas Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan tersebut enggan mengungkap secara rinci kedua negara itu.

"Kami sudah memiliki data, tapi mencakup rekening bank WNI di dua negara saja. Saya belum dapat mengungkapkan negaranya," ujarnya.

Menteri Bambang  mengungkapkan, data tersebut diperoleh pemerintah dengan melakukan penelusuran secara mendalam sejak akhir tahun lalu. 

Data tersebut meliputi nama Wajib Pajak (WP) terkait, paspor, nama perusahaan yang didiami, sampai dengan nomor rekening dari WNI tersebut. Data ini yang nantinya akan dipergunakan pemerintah, untuk menelusuri para WP yang selama ini menyimpan dananya di luar negeri. (v/ab)