Pemda Dukung Pengembangan MAN Insan Cendekia Tanah Laut

By Admin

nusakini.com--Pendidikan adalah investasi jangka panjang dalam menyiapkan generasi masa depan bangsa. Untuk itu, Pemerintah Daerah akan terus mendukung penuh keberadaan MAN Insan Cendekia Tanah Laut untuk melahirkan putra-putra bangsa yang berkualitas dan kompetitif. 

Dukungan ini ditegaskan Bupati Tanah Laut, Bambang Alamsyah saat menyampaikan sambutan pada acara Peresmian dan Launching MAN IC Tanah Laut Jumat, (15/07) lalu. “Kami mempunyai semangat dan komitmen tinggi, karena menyadari bahwa gerbang pertama memasuki generasi emas pada tahun 2045 adalah dengan menyiapkan pendidikan berkualitas, salah satunya melalui MAN IC,” tegasnya. 

Perjuangan panjang mendirikan MAN Insan Cendekia di Tanah Laut yang dimulai oleh Bupati sebelumnya diakui menghadapi banyak kendala. Namun, lanjut Bambang, berkat dukungan dari para tokoh akhirnya berhasil juga. “Ini merupakan ikhtiar agar anak-anak kita mendapatkan pendidikan bermutu dan terjangkau,” katanya.  

Bambang berharap lulusan MAN IC mampu berbahasa Arab dan Inggris dengan baik sehingga bisa berperan dalam kancah internasional. Kepada para orang tua wali, Bupati energik ini berpesan agar dapat ikut memacu semangat dan etos belajar anaknya. “Saya mohon kepada orang tua percayakan nasib pendidikan kepada guru. Kalau ada apa-apa jangan buru-buru dilporkan kepada polisi, karena para guru sebagai pendidik mempunyai otoritas yang penuh dan cara-cara edukatif tersendiri,” tegas Bambang.  

“Saya bercita-cita, kelak anak saya akan saya masukan ke MAN IC di Tanah Laut ini,” tambahnya disambut tepuk tangan hadirin.  

Kegiatan launching dan penyambutan Peserta Didik Baru dilaksanakan di 17 MAN IC dimulai tanggal 15-18 Juli 2016. Hadir pada acara peresmian dan launching di MAN IC Tanah Laut, Direktur Pendidikan Madrasah, M. Nur Kholis Setiawan, Bupati Tanah Laut, Bambang Alamsyah, Sekda Tanah Laut, Abdullah, Para Kepala Dinas Tanah Laut, Pejabat Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalsel, Kankemenag Kab. Tanah Laut, Rusmadi, Sekretaris Jenderal PMU MAN Insan Cendekia, Ruchman Basori dan orang tua wali siswa.  

MAN Insan Cendekia Tanah Laut adalah satu dari 8 MAN Insan Cendekia yang mulai beroperasi pada tahun pelajaran 2016/2017. Ke-7 MAN IC lainnya yang juga telah siap beroperasi tahun ajaran ini adalah MAN IC di Padang Pariaman Sumatera Barat, Bengkulu Tengah Bengkulu, Kota Batam Kepulauan Riau, Sambas Kalimantan Barat, Kota Palu Sulawesi Tengah, Sorong Papua Barat, dan MAN IC Kota Kendari Sulawesi Tenggara.

MAN IC Tanah Laut merupakan MAN IC kedua di Kalimantan Timur. Sebelumnya, sudah berdiri MAN IC Paser yang beroperasi sejak tahun ajaran 2015/2016. (p/ab)