Pembicaraan Biden dan Putin Gagal Kurangi Kekhawatiran Mengenai Invasi ke Ukraina

By Nad

nusakini.com - Internasional - Presiden AS Joe Biden dan timpalannya dari Rusia Vladimir Putin gagal membuat terobosan dalam pembicaraan mereka pada hari Sabtu (12/2) yang berlangsung di tengah meningkatnya kekhawatiran atas kemungkinan invasi Rusia ke Ukraina, menurut seorang pejabat pemerintah AS.

"Tidak ada perubahan mendasar dalam dinamika yang telah berlangsung sekarang selama beberapa minggu," kata pejabat itu setelah panggilan telepon antara kedua pemimpin, mengacu pada ketegangan atas penumpukan militer Rusia di perbatasan Ukraina.

Seruan itu terjadi setelah penasihat keamanan nasional AS, Jake Sullivan, memperingatkan pada hari Jumat (11/2) bahwa kemungkinan invasi Rusia ke Ukraina dapat dimulai "kapan saja sekarang," termasuk selama Olimpiade Musim Dingin Beijing yang berlangsung hingga 20 Februari.

Selama pembicaraan satu jam, Biden menjelaskan kepada Putin bahwa agresi apa pun akan mengakibatkan "biaya cepat dan berat di Rusia," kata Gedung Putih dalam siaran pers. Washington sedang bersiap untuk menjatuhkan sanksi ekonomi yang berat dalam koordinasi dengan sekutunya jika Rusia melanjutkan tindakan militer.

Biden juga mengatakan invasi Rusia lebih lanjut ke Ukraina, yang akan mengikuti aneksasi Krimea pada 2014, akan "menghasilkan penderitaan manusia yang meluas dan mengurangi kedudukan Rusia," menurut Gedung Putih.

"Presiden Biden sudah jelas dengan Presiden Putin bahwa sementara Amerika Serikat tetap siap untuk terlibat dalam diplomasi, dalam koordinasi penuh dengan sekutu dan mitra kami, kami sama-sama siap untuk skenario lain," tambahnya.

Pejabat yang memberi tahu wartawan tentang panggilan itu mengatakan, "Masih belum jelas apakah Rusia tertarik untuk mengejar tujuannya secara diplomatis daripada melalui penggunaan kekuatan."

Ketika ketegangan meningkat, Departemen Luar Negeri mengatakan pada hari Sabtu bahwa mereka telah memerintahkan kepergian sebagian besar staf yang tersisa di Kedutaan Besar AS di Ukraina.

Itu juga mendesak dalam nasihat perjalanan bahwa warga Amerika pergi "segera" melalui cara komersial atau pribadi. Layanan konsuler rutin di kedutaan di Kiev akan ditangguhkan, meskipun layanan darurat akan disediakan di Lviv di Ukraina barat.

Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri menekankan bahwa "bukan hanya waktu untuk meninggalkan Ukraina, ini adalah waktu yang sudah lewat bagi warga negara untuk meninggalkan Ukraina."

Sullivan mengatakan pada hari Jumat bahwa Rusia memiliki "semua kekuatan yang dibutuhkan untuk melakukan aksi militer besar," yang dapat mengambil berbagai bentuk, termasuk "kemungkinan yang sangat nyata bahwa itu akan melibatkan penyitaan sejumlah besar wilayah di Ukraina dan penyitaan. kota-kota besar termasuk ibu kota." (Kyodo/dd)