Pembangunan Jakarta International Stadium Capai 58,2 Persen

By Al


nusakini.com - Jakarta - Progres pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Jalan RE Martadinata, Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada minggu ke-92 pengerjaan telah mencapai 58,2 persen.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Dwi Wahyu Daryoto mengatakan, pengangkatan rangka atap JIS memakai heavy lifting system. Metode ini menggunakan sistem hidrolik dengan pengangkatan rangka atap sekali angkat. Namun struktur utama dan struktur ruang dilakukan perakitan lebih dulu di lantai dasar.

"Pengangkatan rangka baja atap ini sudah dimulai pada 4 Juni 2021 dan ditargetkan rampung 25 Juni mendatang," ujarnya

Dwi menjelaskan, pengangkatan penuh menuju elevasi ketinggian 60 meter. Pengangkatan rangka atap dilakukan bertahap sebanyak 25 sentimeter untuk setiap pengangkatan.

"Setelah proses pengangkatan selesai akan dilanjutkan dengan proses pengelasan. Pengelasannya dua minggu dari 25 Juni, jadi kurang lebih 5 Juli selesai. Kemudian, baru disusul untuk teknologi retractable roof," terangnya.

Menurutnya, apabila pemasangan atap rampung maka realisasi pembangunan JIS diprediksi mengalami peningkatan menjadi sekitar 62 persen. Pengerjaan tidak hanya berpusat pada pengangkatan rangka baja atap stadion saja, tapi paralel dengan pengerjaan bagian-bagian stadion lainnya.

"Saya tetap optimistis pembangunan JIS rampung Desember 2021 meski terimbas situasi pandemi COVID-19," tandasnya.

Untuk diketahui, JIS bakal dilengkapi dengan atap buka tutup (retractable roof) yang mengadopsi struktur space frame atau kerangka struktural tiga dimensi. Fitur atap buka tutup dapat mengakomodir berbagai kebutuhan kegiatan yang berlangsung di bawahnya.