Pembangunan Embung Penganten Ali Ditarget Rampung Desember

By Al


nusakini.com - Jakarta - Pembangunan Embung Penganten Ali di Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur, terus dikebut. Pekerjaan yang dilakukan sejak awal Agustus, ditargetkan selesai Desember nanti. Saat ini proogres pekerjaan baru sekitar lima persen.

Kasi Pemeliharaan Sudin Sumber Daya Air Jakarta Timur, Puryanto menuturkan, embung yng dibangun di atas lahan seluas 9,300 meter persegi ini untuk mengatasi luapan Kali Cipinang yang biasa menggenangi wilayah RW 06 Kelurahan Ciracas.

"Embung kita keruk sedalam empat meter menggunakan tiga alat berat, terdiri dari dua unit excavator long arm dan satu unit excavator standar," beber Puryanto

Jika pembuatan embung ini rampung, ungkap Puryanto, area sekitarnya akan dijadikan wahana ekowisata bagi warga sekitar. Di sekeliling area bakal dibangun sarana jogging track dengan lebar lima meter.

"Warga akan merasakan aman dan nyaman saat berolahraga sambil berwisata di lokasi tersebut," ucapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar berharap, Embung Penganten Ali ini dapat menampung debit air kurang lebih 75.000 meter kubik. Embung ini sebagai pengendali banjir di wilayah RW 06 Ciracas.

"Embung juga didesain sebagai destinasi wisata di lokasi tersebut. Makanya disiapkan sarana jogging track. taman interaktif serta sarana teater terbuka," pungkas Anwar.