Peluru Nyasar Polisi Los Angeles Tewaskan Remaja yang Sedang Belanja

By Nad

nusakini.com - Internasional - Polisi Los Angeles telah membunuh dua orang, termasuk seorang gadis berusia 14 tahun yang sedang berbelanja pakaian baru, setelah melepaskan tembakan di dalam sebuah toko pakaian.

Sebuah peluru nyasar mengenai remaja itu saat ia berada di ruang ganti dengan ibunya. Ia tengah mencoba gaun untuk pesta ulang tahun.

Polisi mengatakan penembakan itu terjadi setelah mereka mendapatkan laporan tentang tembakan yang dilepaskan oleh seorang pria di dalam toko. Tersangka ditembak mati, tetapi tidak ada senjata yang ditemukan.

Departemen Kehakiman negara bagian saat ini sedang menyelidiki penembakan tersebut.

Insiden itu terjadi pada Kamis (23/12) pagi, sekitar pukul 11:45 waktu setempat (02:45 WIB Jumat (24/12)), di sebuah department store Burlington, Hollywood Utara di tengah kerumunan pembeli saat masa liburan.

Saksi dan karyawan toko mengatakan kepada media lokal bahwa seorang pria bertindak tidak jelas di dalam toko dan menghancurkan etalase.

Polisi mengatakan seorang penelepon 911 melaporkan bahwa ia mendengar pertengkaran di dalam toko dan menduga ada tembakan. Mereka juga mengatakan mereka menerima laporan tentang kemungkinan penembak aktif di tempat kejadian.

Seorang anggota pemadam kebakaran mengatakan kepada wartawan bahwa petugas telah tiba untuk menemukan "seseorang yang sedang dalam proses menyerang orang lain" di lantai atas toko, mendorong mereka untuk melepaskan tembakan.

Tersangka tewas hampir seketika. Sebuah kunci sepeda yang berat ditemukan di dekat tubuhnya, tetapi tidak ada senjata yang ditemukan.

Petugas kemudian menemukan lubang di dinding dekat ruang ganti di belakang tersangka, dan menemukan seorang gadis remaja tewas di dalamnya. Pada hari Jumat, Kantor Koroner Negara bagian LA mengidentifikasi ia sebagai Valentina Orellana-Peralta.

Ia sedang mencoba gaun untuk quinceaƱera - tradisi kedewasaan yang berasal dari Amerika Latin untuk merayakan ulang tahun ke 15 seorang gadis - seorang sumber polisi mengatakan kepada LA Times.

Media lokal juga menunjukkan seorang wanita dengan wajah berlumuran darah - yang tampaknya menjadi korban penyerangan - dibawa pergi dari toko dengan ambulans.

Pria yang ditembak polisi belum disebutkan namanya secara terbuka.

Pada Kamis malam, Kepala Polisi Los Angeles Michel Moore menjanjikan "penyelidikan menyeluruh, lengkap dan transparan" atas apa yang disebutnya sebagai "insiden kacau".

"Saya sangat menyesal atas hilangnya nyawa gadis muda ini dan saya tahu tidak ada kata-kata yang dapat meringankan rasa sakit yang tak terbayangkan bagi keluarga," katanya.

Sebagai bagian dari tinjauannya, departemen diharapkan merilis video insiden tersebut, termasuk dari kamera tubuh yang dikenakan petugas dan kamera keamanan Burlington.

Jaksa Agung California Rob Bonta mengatakan ia akan melakukan penyelidikan independen dan merujuk temuannya ke tim jaksa khusus.

Sebuah undang-undang negara bagian yang disahkan pada bulan Juli mengamanatkan bahwa semua penembakan polisi yang fatal terhadap warga sipil yang tidak bersenjata harus diselidiki oleh Departemen Kehakiman negara bagian.