Peluang UMKM Tembus Pasar Jepang, Gubernur Sulsel Mendukung Kegiatan IJB EXPO 2021

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah mendukung rencana kegiatan IJB EXPO 2021 yang dijadwalkan berlangsung di Makassar, 5-8 Agustus 2021 mendatang.

Nurdin Abdullah berharap dengan adanya kegiatan ini, jalan  produk UMKM di Sulsel tembus pasar Jepang makin terbuka lebar. "Sisa meningkatkan kualitas dan memenuhi ekspektasi pasar di Negeri Sakura, " ujar Nurdin Abdullah usai melakukan pertemuan dengan perwakilan  Indonesia-Japan Business Network (IJB Net)  di Rumah Jabatan Gubernur, Jumat (23/10) malam

Menurut Nurdin Abdullah, rencana IJB Net sejalan dengan rancangan Pemprov yang juga tengah mengembangkan produk UMKM. 

"Jadi produk UMKM ini kita sesuaikan dengan selera Jepang. Ini sementara kita juga lakukan pengembangan. Dengan adanya IJB Net ini tentu ini bisa memberi sinergi dalam mendorong produk UMKM kita bisa berkembang," ujarnya. 

Nurdin mengungkapkan, langkah IJB Net juga sejalan dengan keinginan pemerintah yang ingin mendorong UMKM untuk berdaya. Di tengah ketidakpastian ekonomi, kata dia, peran UMKM sangat penting dalam menjaga stabilitas ekonomi. 

"Pemerintah juga memberi perhatian ke UMKM dengan memberikan subsidi lewat skema program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Tugas kita di daerah yakni bagaimana mendorong UMKM untuk lebih inovatif dan membuka ceruk pasar agar mereka (UMKM) bisa melakukan ekspansi," terang Nurdin Abdullah.


Ketua Umum Indonesia-Japan Business Network (IJB Net), Suyoto Rais, mengatakan, pihaknya akan menggarap potensi ekspor produk UMKM. Ada tiga wilayah yang disasar yakni, Makassar, Manado, dan Surabaya. "Nanti kita buat pelatihan untuk para UMKM. Selain itu juga akan gelar Expo," papar Suyoto.

Suyoto menambahkan tujuan kegiatan ini untuk mendorong akselerasi kolaborasi Indonesia-Jepang sekaligus mengembalikan kedigdayaan Indonesia sebagai mitra utama Jepang.

Karena spirit UMKM yang menjadi salah satu fokus utama, kata Suyoto, tema yang diusung juga yakni meningkatkan daya saing UKM dan produk unggulan daerah. 

"Agar punya daya saing di era industri 4.0. Dan tentu saja bagaimana produk UMKM bisa tembus pasar Jepang," ucap Suyoto. 

Pada kesempatan sama, Wakil Sekjen IJB Net, Ismail Rahim, menjelaskan, di IJB EXPO 2021, akan ada pelatihan market place dan e-commerce untuk pelaku UMKM. "Kegiatan ini, kami juga akan mengundang investor langsung dari Jepang. Jadi mereka meninjau langsung bagaimana potensi market yang ada di Indonesia khususnya di Sulsel," pungkas Ismail yang juga Direktur Utama PT. Himbi Global Media, event organizer IJB EXPO 2021 (r/ab)