Pelosi: AS Ingin Taiwan Punya Kebebasan dalam Keamanan Negara

By Nad

nusakini.com - Internasional - Amerika Serikat ingin Taiwan selalu memiliki kebebasan dengan keamanan dan tidak akan mundur dari itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi mengatakan pada hari Rabu (3/8), selama kunjungan ke Taipei yang dikritik keras oleh China.

"Sambil menghormati kebijakan "Satu China", solidaritas kami dengan Taiwan lebih penting dari sebelumnya," kata Pelosi, dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. AS mendukung status quo dan tidak ingin sesuatu terjadi ke Taiwan dengan paksa, tambah Pelosi.

Ditanya tentang konsekuensi ekonomi yang harus dihadapi Taiwan sebagai akibat dari kunjungannya, Pelosi mengatakan chip AS bertindak membuka pintu untuk pertukaran ekonomi yang lebih baik antara Amerika Serikat dan Taiwan.

Taiwan berkomitmen untuk mempertahankan status quo di selat Taiwan, kata Tsai, seraya menambahkan bahwa latihan militer China, yang diluncurkan sebagai tanggapan atas kunjungan Pelosi adalah reaksi yang tidak perlu. (Reuters/dd)