Pelepasan Bibit Ikan Terumbu Karang Di Laut Takalar Menandai Pembukaan MPLS Virtual SMAN 20 Makassar

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara virtual ala SMAN 20 Makassar, Rabu (15/7), berlangsung lancar dan hikmat ditengah pandemi Covid-19. Peserta upacara pembukaan yang berasal dari kalangan anak didik, guru dan staf sekolah mengikuti acara ini. Mereka mewakili 210 peserta yang mengikuti secara virtual dari rumah-masing. 

Selain di Pantai Sampulungan Takalar, pelepasan bibit ikan juga dllakukan di Sungai Jeneberang dan sepanjang garis pantai Barombong. Ada juga yang menanaman pohon Bakau. Menurut Mirdan Midding, kepala sekolah SMAN 20 Makassar, berbagai agenda itu sesuai dengan tema MPLS kali ini yakni Back To Nature, Cinta Alam dan Cinta Bahari. "Kami ingin para anak didik berbuat sesuatu yang lebih bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Agenda ini merupakan bagian dari edukasi buat mereka," ujarnya kepada nusakini.com.

Mirdan menambahkan pembukaan MPLS tetap menerapkan protokol kesehatan. Diantaranya menjaga jarak dan memakai masker sepanjang acara. "Selama MPLS, anak-anak yang beragama Islam juga melakukan kegiatan positif dengan shalat Tahajud dan Subuh secara virtual di rumah masing-masing. "Kegiatan ini dipantau oleh pengurus OSIS dan pimpinan rumpun kelas masing-masing. "Kami berharap kegiatan positif seperti ini tetap berjalan pada pembelajaran secara daring hingga masa kondisi kembali normal," ungkap Mirdin.

Berbagai kegiatan ini, lanjut Mirdan, sejalan dengan tagline SMAN 20 Makassar yakni sekolah ramah anak Indonesia. "Sejatinya, banyak program yang telah kami buat sejak awal tahun ini. Tapi, untuk sementara tak bisa dilaksanakan karena pandemi Covid-19," pungkas Mirdan. (ab)