Pelatihan Penanggulangan Kebakaran Digelar di PPOP Ragunan

By Admin


nusakini.com - Sebanyak 40 peserta mengikuti pelatihan pemadaman kebakaran di Gelanggang Olahraga Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Mereka adalah dari keluarga besar Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar (PPOP) Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta.

Kepala Sektor Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kecamatan Pasar Minggu, Mohammad Arief mengatakan, pelatihan ini diberikan karena adanya permintaan dari pihak PPOP. Dalam pelatihan ini, peserta juga diberikan teknik penanganan kebocoran tabung gas elpiji. Mereka juga diperkenalkan macam-macam jenis apar dan penggunaannya.

"Dalam pelatihan pemadaman kebakaran, semua peserta wajib mengikuti teori dan praktik. Sehingga mereka tahu dan diharapkan dapat menggunakannya saat terjadi kebakaran," kata Arief.

Sementara, Kepala PPOP Dispora DKI Jakarta, Helin Parlindah mengatakan, peserta pelatihan ini berasal dari berbagai kelompok. Tak hanya petugas keamanan dan pegawai, namun para atlet juga ikut dalam pelatihan tersebut.

"Kita memang mengajukan permohonan dilakukan pelatihan penanganan kebakaran. Karena pengalaman dua kali kejadian kebakaran kita kewalahan mengatasinya. Mudah-mudahan pelatihan ini membawa manfaat bagi kita semua," tandasnya.

Diakuinya, pelatihan pemadaman kebakaran sangat dibutuhkan. Terlebih di tempat ini setiap hari ada kegiatan masak-memasak untuk kebutuhan atlet.(pr/kj/al)