Pelaku IKM Difasilitasi Ikuti Enam Ekshibisi di Luar Negeri

By Al


nusakini.com - Jakarta - Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta akan mengikutsertakan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) binaan di enam ekshibisi di luar negeri pada tahun ini.

Enam ekshibisi berskala internasional tersebut yakni, Festival Indonesia di Moskow; New York Now 2019; Festival Indonesia di Shanghai; Festival Indonesia di Seoul, Korea Selatan; Trade Expo di Turki; dan Trade Expo di Melbourne. 

Kepala Bidang Industri Dinas PE DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, mayoritas setiap event mengikutsertakan lima IKM binaan.

"Untuk New York Now hanya tiga IKM yang lulus kurasi. Kuratornya langsung dari New York yang difasilitasi KJRI New York," ujarnya

Ratu menjelaskan, dengan diikutsertakannya para pelaku IKM di ekshibisi internasional diharapkan dapat membantu untuk memperluas jaringan pemasaran.

"Kita ingin produk-produk yang dihasilkan oleh para IKM dapat bersaing dengan produk industri sejenis lainnya yang telah berada di pasar internasional," terangnya.

Ia menambahkan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi para pelaku IKM untuk dapat ikut serta dalam event tersebut yakni, memiliki legalitas yang lengkap, kemasan sudah bagus, merek atau brand sudah dipatenkan, produknya diminati oleh pasar di negara yang dituju, dan sanggup apabila ada pesanan dalam jumlah besar.

"Ini buat IKM yang sudah dapat grade A, IKM binaan lama kami yang sudah naik kelas. Kalau PKT (Program Kewirausahaan Terpadu-red) baru tumbuh, tapi tetap kami bina juga sampai mereka bisa dapat grade A," tandasnya.