Pekan Inovasi Diharap Percepat Alih Teknologi dan Hilirisasi Hasil Riset

By Admin


nusakini.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Kedeputian Bidang Jasa Ilmiah (Jasil) menggelar Pekan Inovasi Teknologi (PIT) 2016 pada Rabu-Minggu (12-16/10) di Botani Square, Bogor, Jawa Barat. Selain mendorong hilirisasi hasil riset, ajang ini ditujukan untuk mempercepat alih teknologi untuk mendorong daya saing industri kecil menengah (IKM).

Kepala LIPI, Iskandar Zulkarnain mengharapkan, PIT kali ini menjadi wahana interaksi antara penghasil teknologi atau lembaga riset, perguruan tinggi, pengguna teknologi, dunia bisnis, dan masyarakat. “Dengan interaksi itu, kami harapkan terjadi proses alih teknologi dari lembaga litbang dan perguruan tinggi kepada masyarakat dan industri, yang selanjutnya dapat memiliki dampak besar bagi peningkatan daya saing industri serta peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya pada pembukaan PIT 2016, Rabu (12/10/2016). 

Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Bambang Subiyanto menyambung, harapan lain dari rangkaian kegiatan semacam ini adalah mampu menyita perhatian para pelaku ekonomi/bisnis dan mendorong mereka agar memfasilitasi integrasi hasil riset ke dalam industri. “Dengan begitu, maka hasil riset memberikan peran signifikan dalam pengembangan bisnis berbasis tenologi dan berpotensi merangsang pertumbuhan ekonomi regional, menciptakan lapangan kerja, lahirnya perusahaan baru dan meningkatkan daya saing,” tutupnya. 

Sebagai informasi, ajang PIT sendiri diisi dengan serangkaian kegiatan, di antaranyaThe 1st Indonesia International Conference on Sciences and Technology Park(IICSTP), Seminar Nasional Technopreneurship dan Alih Teknologi Ke-2, serta Pameran Hasil Litbang dan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT). 

Tak hanya itu, PIT juga diisi dengan kegiatan Knowladge Sharing & Talkshow Buku “Peluang Usaha Produk Halal di Pasar Global”, Sosialisasi Kemetrologian untuk Industri dan Akademisi, Ekspose Teknologi dan Launching Produk, Sosialisasi ISO 9001-2015 untuk Usaha Kecil Menengah, serta Workshop Pengelolaan Terbitan Berkala Ilmiah dan Akses Informasi Ilmiah dan Desain Kemasan Produk IKM. Dalam pembukaan kegiatan ini, hadir Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro sebagai pembicara utama. (p/mk)