Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN-T Unhas Maros 3 Bagikan Tempat Sampah

By Abdi Satria

 

nusakini.com-Maros – Peduli lingkungan merupakan perilaku atau tindakan yang senantiasa berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam, serta mengembangkan upaya – upaya lainnya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. 

Sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap lingkungan, mahasiswa KKN-T Universitas Hasanuddin Wilayah Maros 3 membagikan tempat sampah di Kelurahan Turikale dan Taroada, Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros. Kegiatan tersebut dilakukan pada hari Minggu, (1/8/2021) secara serentak di dua kelurahan.

Dr. Muhammad Tamar, M.Psi selaku Dosen Pengampuh KKN menjelaskan bahwa pemberian tempat sampah merupakan model percontohan bagi masyarakat dalam membuat tempat sampah mandiri secara swadaya demi memelihara kebersihan lingkungan secara terus – menerus.

“Program pembagian tempat sampah dilakukan setelah koordinasi dengan Lurah dan aparatnya. Setelah mendapatkan arahan, teman – teman mahasiswa KKN memprogramkan pembagian tempat sampah dengan swadaya murni dalam pelaksanannya. Kegiatan tersebut patut untuk diapresiasi sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan," tutur Tamar.

Penanggung jawab kegiatan, Muhammad Alif Fikri juga menambahkan bahwa program kerja ini dilakukan dengan tujuan menumbuhkan kesadaran bagi warga untuk lebih menjaga kebersihan lingkungan khususnya di masa pandemic covid – 19.

“Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar warga setempat tidak lagi membuang sampah sembarangan. Selain itu, dengan diadakannya pembagian tempat sampah diharapkan mampu mengurangi risiko timbulnya penyakit – penyakit lainnya akibat kebersihan lingkungan yang tidak terjaga. Program ini juga merupakan salah satu bentuk upaya untuk mendukung Pemerintah Kabupaten Maros dalam mewujudkan Wilayah Bersih dan Sehat," jelas Alif.

Tak hanya itu, Radhi Zulakhsari Pahri yang juga penanggung jawab kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan mekanisme pembagian tempat sampah secara langsung oleh mahasiswa KKN-T Maros 3 di beberapa tempat strategis sesuai arahan dari Kelurahan dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Adapun jumlah tempat sampah yang dibagikan yaitu sebanyak 10 tempat sampah.

“Mengenai peletakan tempat sampah, sebelumnya kami sudah melakukan audiensi dengan pihak Kelurahan dan DLH. Berdarakan audiensi tersebut, kami disarankan untuk meletakkan tempat sampah di kompleks – kompleks di tiap kelurahan. Lokasi tersebut tentunya merupakan titik yang dilalui oleh mobil sampah sehingga tidak terjadi penumpukan sampah nantinya". Ujar Radhi.

Pembagian tempat sampah yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-T Maros 3 mendapat respon positif oleh warga kelurahan Turikale dan Taroada. Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya kepedulian terhadap lingkungan sekitar demi terjaganya kelestarian alam dengan baik.(rls)