Peduli Lingkungan: GenBI Komisariat UNM Gelar Planting Trees

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Pinrang--GenBI Komisariat Universitas Negeri Makassar kembali mengadakan Program kerja GenBI kolaboratif tepatnya program kerja dari lingkungan hidup yaitu Planting Trees. Kegiatan ini mengusung tema "Planting Trees untuk Lingkungan yang Lestari" di Lingkungan Sumpang Saddang, Kelurahan Lanrisang, Kabupaten Pinrang, pada Kamis (15/12).

Pada kegiatan ini, diawali dengan laporan ketua panitia 

"Penanaman pohon ini bertujuan Mencegah terjadinya agrasi dan pemenuhan pilar GenBI yaitu sebagai agen of change atau rol model yg baik dalam menjaga kelestarian lingkungan. Tanaman yang diberikan berjumlah 100 bibit bakau dan 10 bibit mangga & rambutan yang diberi nah dari 10 bibit tersebut akan dibagikan ke warga-warga".

GenBI Komsat UNM atau panitia GenBI Kolaboratif sebelum ke lokasi terlebih dahulu mendapatkan arahan mengenai penanaman yang dipandu oleh Deputi Lingkungan Hidup.

Kegiatan Planting Trees memasuki agenda utama yaitu penanaman dan diarahkan langsung oleh kepala suku dan bapak Syarifuddin Zain.

"Kedalaman galian sedalam 1jengkal dan jarak antara pohon 5 meter. Sejarah awal dari lokasi tempat penanaman yaitu tempat tersebut merupakan pelabuhan terbesar, baru-baru ini ditemukan jangkar yang diduga sudah lama dan yang menemukannya nelayan setempat sehingga orang luar berkunjung untuk mengecek jangkar tersebut terutama dari kanada". (15/12)

"Lokasi yang adik-adik tempati menanam merupakan lokasi yang rawan terkena bencana seperti banjir rob, dimana baru-baru ini banjir rob terjadi dengan durasi dua Minggu lamanya (banjir rob adalah banjir akibat air laut yang naik ke bibir pantai/pemukiman warga pesisir). Ujar Irwan Hamid (16/12). 

Kegiatan Planting Trees ini kemudian ditutup dengan sesi foto bersama.(rilis/Rajendra)