Pebalap dan Tim MotoGP Tiba di Lombok

By Abdi Satria


nusakini.com-Mandalika-Pebalap dan tim MotoGP tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM), Senin (7/2). Rombongan tiba dengan pesawat carter yang terbagi dalam dua kelompok penerbangan.

Pihak panitia balap MotoGP 2022 Pertamina Mandalika Circuit langsung membawa pebalap dan tim ke sejumlah hotel yang telah disiapkan. Mereka harus menjalani tes PCR dan menjalani karantina selama 24 jam di hotel.

CEO Pantia Balap MotoGP 2022 Sirkuit Mandalika, yang juga Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria menjelaskan, setelah selesai menjalani karantina selama 24 jam, tim bisa beraktivitas di Paddock untuk melakukan setting. “Para pebalap baru akan melakukan track walk pada hari Kamis,” kata Priandhi.

Mandalika MotoGP Official Test 2022 akan dilaksanakan pada tanggal 11-13 Februari 2022. Sebelumnya mereka juga telah melaksanakan test pra-musim di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Priandhi mengatakan, dari sisi persiapan, semua berjalan sesuai jadwal. Panitia telah menyiapkan segala sarana dan prasarana sebagaimana yang diminta pihak Dorna Sports.

Bagi pebalap dan tim, Mandalika MotoGP Official Test 2022 merupakan agenda yang sangat penting karena Pertamina Mandalika Circuit merupakan sirkuit baru yang untuk kali pertamanya masuk dalam kalender balap musim 2022. 

Kalender balap MotoGP 2022 akan terdiri dari 21 seri. Ini merupakan rekor jumlah balapan terbanyak dalam sejarah Grand Prix yang bergulir sejak 1949. Seperti yang diumumkan Dorna Sports pada Oktober lalu, MotoGP 2022 akan dimulai di Qatar pada 4-6 Maret dan berakhir di Valencia, Spanyol pada 4-6 November 2022.

Bakal ada dua sirkuit baru yang akan menggelar MotoGP musim ini, yakni Pertamina Mandalika Circuit, Indonesia, yang dijadwalkan pada 18-20 Maret, serta Sirkuit KymiRing, Finlandia. Balapan di Sirkuit Kymiring sebenarnya sudah dijadwalkan menjadi tuan rumah pada 2020. Namun, mengalami penundaan akibat pandemi COVID-19.(rls)