Patra Drilling Contractor Bekali Pekerja dengan Pelatihan First Aider

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- PT Patra Drilling Contractor (PDC) melakukan pelatihan First Aider bagi karyawan yang berada di kantor pusat dan proyek, Senin, 29 November 2021. Kegiatan yang diikuti 50 peserta berlangsung selama lima hari.

Pelatihan berlangsung secara tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat yaitu test genose dan physical distances serta penggunaan APD, di kantor pusat PDC, Jakarta. Materi yang diberikan berupa pre test, teori dan praktik first aid serta post test oleh dr. Habib serta arahan dari Manajemen PDC.

Direktur Utama Pertamina PDC, Teddyanus Rozarius berharap, rangkaian pelatihan first aid ini dapat meningkatkan kemampuan first aider di lapangan.

"Kesiapan pekerja menjadi first aider sangat penting sebagai antisipasi jika harus menolong seseorang di mana saja," imbuhnya.

Teddy juga mengingatkan agar para peserta dapat mentransfer ilmu yang diperolehnya ini kepada rekan sejawatnya di tempat tugasnya masing-masing.

"Jadilah agen perubahan di tempat kerja dengan berbagi ilmu sebagai first aider," pungkasnya.

Sementara itu, Manager QHSSE Pertamina PDC, Usep Sutisna menjelaskan, dalam pelatihan ini peserta dibekali ilmu tentang penanganan kondisi kecelakaan, seperti pendarahan, patah tulang, hipotermia, keracunan gas dan cara mengatasi kondisi tersebut. Selain teori, peserta juga mendapat praktik secara langsung.

"Dengan pertolongan pertama yang dilakukan secara benar, tingkat keparahannya bisa diminimalisasi dan tingkat pemulihannya lebih cepat," ucapnya.