Pastikan Operasi Lancar, Bandara Ngurah Rai Siagakan Posko Nataru

By Admin


nusakini.com - Memasuki libur Natal dan Tahun Baru, Bandara I Gusti Ngurah Rai kembali membuka posko terpadu monitoring angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2016/2017. Posko berlokasi di area publik terminal domestik, dan akan beroperasi selama 24 jam mulai 18 Desember 2016 sampai 8 Januari 2017.

Saat pembukaan posko, Co. General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Putu Puja Supradnyana menyampaikan bahwa posko monitoring ini akan didukung oleh Kantor Otoritas Bandara Wil. IV, Basarnas, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), TNI AU, Polsek Kawasan Udara, Satuan Brimob, Airline, dan Ground Handling.

“Posko ini kami fungsikan untuk memantau operasional di bandara agar dapat berjalan dengan lancar, tertib, dan aman, mengingat selama ini minat wisatawan untuk menghabiskan libur Natal dan Tahun baru di Bali sangat tinggi,” ujar Putu Puja.

Hal ini terbukti dengan banyaknya permintaan penambahan penerbangan dari dan ke Bali. Selama 22 hari periode posko, tercatat sedikitnya ada 613 rencana tambahan penerbangan.

“Saat ini kami sudah menerima 613 rencana tambahan penerbangan yaitu dari Garuda Indonesia, Air Asia, Citilink, Sriwijaya Air, Nam Air dan Lion Air. Artinya selama 22 hari ke depan rata-rata akan ada tambahan sebanyak 28 penerbangan per hari,” jelasnya.

Tidak hanya menyasar kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Surabaya, airline juga membidik beberapa kota di wilayah timur Indonesia seperti Maumere, Waingapu, dan Labuan Bajo. Selain melayani rute domestik, ada juga tambahan untuk rute Kuala Lumpur – Bali.

“Kami prediksi puncak kepadatan penumpang yang datang ke Bali akan terjadi pada tanggal 23-24 Desember 2016 dan tanggal 1-3 Januari 2017,” tambahnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihak Angkasa Pura Airports sudah melakukan koordinasi secara intensif dengan para airline dan ground handling, agar dapat memerhatikan waktu pelayanannya, mengingat traffic baik penerbangan maupun penumpang akan meningkat.

“Kami juga sudah dan akan terus memerhatikan kesiapan alat produksi kami seperti landasan, apron (tempat parkir pesawat), alat navigasi penerbangan, kendaraan Airport Rescue and Fire Fighting, dan juga Genset,” katanya.

“Pada kesempatan ini kami ingin mengingatkan para calon penumpang untuk dapat menjaga ketertiban dan kelancaran, terutama saat proses pengambilan bagasi, pemeriksaan sekuriti, dan saat check in,” imbuh Putu Puja. (p/mk)