Panen Raya di Jabar, Menteri Amran Ajak Petani Tanam Padi Sampai 1 Juta Ha

By Admin

Foto/Istimewa  

nusakini.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, bersama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dan Fraksi PKB DPR menghadiri panen raya padi di Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Amran menyampaikan pola tanam padi yang dibangun para petani saat ini harus didorong mencapai 1 juta hektare (ha) dari biasanya hanya 500.000 hektare.

"Jangan sampai terjadi paceklik di musim kemarau nanti," ujar Menteri Amran, Sabtu (5/8/2017).

Menteri Amran mengatakan bulan Juli lalu sudah tercapai dan diharapkan Agustus-September bisa mencapai angka itu.

"Kalau menanam 1 juta hektare maka akan menghasilkan beras 3 juta ton sehingga mengalami surplus 400.000 ton," jelasnya.

Sementara Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengatakan kegiatan tersebut merupakan reses bersama yang baru pertama kali dilaksanakan Fraksi PKB DPR RI. 

"Yang menjadi perhatian dua sektor, yang menjadi tulang punggung Indonesia yaitu sektor pertanian serta perikanan dan kelautan," katanya.

Cak Imin menambahkan, ada tiga hal yang bisa membuat pertanian maju. Pertama pertanian tidak mungkin tanpa adanya subsidi dari pemerintah. Kedua, produksi harus ditindaklanjuti dengan harga jual yang tinggi. Ketiga, infrastruktur dan sarana pertanian yang harus diperhatikan. 

"Jika itu terwujud maka Indonesia bisa mewujudkan kedaulatan pangan dan bisa mensuplai kebutuhan pangan dunia manakala terjadi krisis pangan," tandas Cak Imin. (b/ma)