Paket Kebijakan Hukum Bakal Diluncurkan Pemerintah

By Admin

Menko Polhukam Wiranto 

nusakini.com - Setelah paket kebijakan ekonomi dikeluarkan, dalam waktu dekat ini, pemerintah juga berencana akan mengeluarkan paket kebijakan khusus di bidang hukum. Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto ketika ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (27/9/2016).

"Kalau kemarin sudah ada paket kebijakan ekonomi, nanti juga ada, paket kebijakan hukum. Tetapi, sekarang kan ada satu proses agar paket itu betul-betul ada manfaatnya," ungkap Wiranto.

Hanya saja, Wiranto belum menjelaskan secara detil mengenai paket kebijakan hukum tersebut. Dia hanya menjelaskan bahwa paket kebijakan itu adalah upaya pemerintah memperbaki instrumen hukum, aparat pengak hukum, sekaligus membangun budaya hukum yang kondusif.

"Sekarang ini kita terus terang di bidang hukum kan cukup prihatin bahwa hukum yang seharusnya instrumen untuk ditaati, diindahkan, diturut oleh seluruh masyarakat, dan hukum itukan kesepakatn kolektif bangsa. Tatkala hukum sudah tidak diindahkan, apalagi ada aparat penegak hukum yang coba-coba menjadikan hukum sebagai komoditas. Ini yang nanti akan kita selesaikan," ujarnya.

Wiranto menjanjikan bahwa paket kebijakan hukum akan dikeluarkan pemerintah dalam waktu yang tidak lama. Dengan mengutamakan perbaikan dari sisi hukum yang bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Kemudian, dia menekankan bahwa paket kebijakan hukum nantinya diharapkan mampu memulihkan kepercayaan publik terhadap hukum nasional. Mengingat, maraknya pekerja di bidang hukum yang malah tersangkut kasus hukum.

"Yang nanti akan kita sasar agar kepercayaan publik terhadap hukum nasional itu kembali pulih karena inilah sebenarnya yang menjaga, pilar keamanan dan ketertiban nasional. Tetapi sabar, nanti akan muncul paket-paket mana yang kita dahulukan, sekarang sedang digodok dengan saksama," katanya.(b/mk)