Optimisme Konsumen Bulan Lalu Mengalami Peningkatan

By Admin

nusakini.com-- Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan optimisme konsumen pada Bulan Mei mengalami peningkatan dibanding bulan sebelumnya. Dari informasi yang dilansir melalui laman BI, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2016 yang tercatat sebesar 112,1 atau naik 3,1 poin. Peningkatan IKK tersebut didorong oleh Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) dan Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) yang tercatat naik masing-masing sebesar 4,5 dan 1,8 poin. 

Selain itu, konsumen memperkirakan bahwa tekanan kenaikan harga akan melambat di Bulan Agustus 2016, yang diindikasikan dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang yang turun 2,7 poin menjadi 171,3. Perlambatan kenaikan harga diperkirakan terjadi terutama pada kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau seiring dengan perkiraan kembali normalnya permintaan pasca lebaran. 

Sementara itu, untuk kondisi 6 bulan mendatang pada November 2016, konsumen memperkirakan kenaikan jumlah tabungan yang lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya. Sementara itu, posisi pinjaman 6 bulan mendatang juga diperkirakan meningkat dibandingkan bulan sebelumnya.(p/ab)