nusakini.com - Jakarta - Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi terus mengupayakan pembangunan desa tertinggal. Kali ini Kementerian ini menggandeng TNI AD untuk melaksanakan program yang dinamakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

"Intinya, kita mendukung program ini sepenuhnya. Harus kita dukung pembangunannya. Masih banyak desa tertinggal dan sangat tertinggal lebih dari 30 ribu desa tertinggal. Potensi TNI yang besar ini akan kita kerjasamakan," tutur Sekjen Kementrian Desa PDT dan Transmigrasi Anwar Sanusi, seusai sambutan Rakornis TMMD di Gedung Balai Sudirman, Jakarta, Kamis (7/4/2016). 

Sanusi mengatakan, terkait aspek pelayananan di dalam desa masih dalam golongan minimal. Dia mencontohkan, salah satunya adalah jalan yang mumpuni, sekolah yang tidak ada bahkan sampai pusat kesehatan juga tidak ada. 

Target tahun ini, kata Sanusi, dari 74 ribu desa yang masuk desa tertinggal akan dibangun 30 ribu. "Kenapa dipilih TNI karena TNI bagian penting menopang tegaknya NKRI. Memiliki sejarah panjang dengan masy desa. Jika kita kerjasama dana desa bisa optimal," ujat Sanusi. (mk)