Operasi teritorial TNI Berhasil, Mentan Amran Panen Raya di Poso

By Admin

nusakini.com--Operasi teritorial oleh TNI di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, diklaim berhasil. Operasi teritorial di Poso itu dilakukan TNI setelah sejumlah buronan kasus terorisme berhasil ditangani dalam Operasi Tinombala. Dalam operasi teritorial, TNI mencetak ribuan hektare sawah di 27 desa pada 17 kecamatan di Kabupaten Poso.

Untuk menumbuhkan minat masyarakat Poso di bidang pertanian, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman  bersama Panglima Kodam VII/Wirabuana, Mayor Jenderal TNI Agus Surya Bakti, memberikan bantuan sejumlah alat mesin pertanian kepada masyarakat Poso.

Sejumlah sawah yang dicetak dalam operasi itu kini menguning dan siap dipanen. Menteri  Amran  pun didaulat memanen raya di Poso pada Selasa (13/12).

Panen raya di Desa Masamba, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, itu dilakukan Menteri sebagai simbol keberhasilan operasi teritorial oleh TNI sejak awal 2016. Operasi teritorial sebagai operasi imbangan dari operasi perburuan teroris bersandi Operasi Tinombala itu berhasil menjadikan wilayah Poso surplus beras. 

“Poso ini mendapatkan 860 miliar rupiah bantuan pemerintah hanya dari sektor pertanian di luar bantuan langsung. Poso merupakan daerah terbanyak bantuannya di bidang pertanian,” kata Menteri.

Sementara Pangdam mengakui panen raya itu hasil operasi teritorial selama tahun 2016. Dari ribuan hektare sawah yang dicetak TNI, sebagian besar siap dipanen secara serentak. 

“Ini operasi imbangan dari Operasi Tinombala. Tujuannya agar masyarakat lebih memfokuskan diri ke bidang pertanian agar ke depan Poso menjadi salah satu lumbung beras di Sulawesi Tengah,” kata Agus.(v/ab)