Opera Ramayana, Hiburan Gratis Libur Lebaran di Solo

By Admin

nusakini.com-- Para pemudik dan masyarakat yang berada di Kota Bengawan, tidak perlu bingung mencari hiburan selama libur lebaran. Pemkot Solo akan menggelar acara “Bakdhan Neng Solo” dengan menyajikan pertunjukan Opera Ramayana. 

Pertunjukan ini akan digelar di pelataran Benteng Vastenburg selama tiga hari mulai tanggal 8 – 10 Juli 2016. Opera ini dimulai pada pukul 19.30 dan akan berlangsung selama dua jam. Bakdhan Neng Solo adalah acara tahunan dimana tahun ini merupakan tahun kedua diselenggarakan. 

“Tahun lalu pertunjukkan Ramayana kami kemas dalam format sendratari yang lebih berat ke pakem tradisi. Tahun ini di kemas dalam bentuk opera Jawa,” jelas Ketua Pelaksana Opera Ramayana Fawarti Gendra Nata Utami yang akrab disapa Fafa. 

Fafa mengatakan Ramayana ini menyuguhkan lakon Sang Anoman. Namun dalam tiga hari, pihaknya akan menyajikan kejutan yang berbeda dalam pementasan yang melibatkan 75 penari dan 30 musisi ini. “Ada bintang tamu yakni penyanyi Endah Laras, Woro Diatas Awan hingga Pak Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo akan turut serta dalam pementasan,” imbuhnya. 

Pihak panitia menyiapkan 3.000 tempat duduk serta karpet untuk penonton yang tidak mendapatkan tempat duduk. Yang terpenting, acara ini gratis untuk masyarakat yang ingin menikmati opera ini.(p/ab)