Ombudsman: Upaya Percepatan Dwelling Time Pelabuhan, Pelayanan Publik Karantina Pertanian Jadi Percontohan

By Admin


nusakini.com - Anggota Ombudsman RI (ORI) Adrianus Eliasta Meliala, di Jakarta , Jumat (20/5/2016) mengapreasi Kepala Badan Karantina Pertanian Banun Harpini, karena telah berhasil mewujudkan Sistem Pelayanan Publik yang baik di lingkungan kerjanya.

Dalam pertemuan bersama Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman tersebut, ORI meminta agar dapat belajar kepada Badan Karantina Pertanian tentang Sistem Pelayanan Publik Badan Karantina Pertanian yang telah diterapkan dengan sangat baik. 

“Kiat-kiat cara pelayanan Badan Karantina akan dijadikan percontohan Pelayanan Publik, kepada seluruh Kementerian/Lembaga Negara untuk dapat diterapkan,” tambah Adrianus. 

ORI telah menginvestigasi tingkat kepatuhan terhadap Standar Pelayanan Publik sesuai dengan UU 25/2009 tentang Pelayanan Publik. Investigasi dilakukan terhadap 35 unit pelaksana teknis (UPT) Badan Karantina Pertanian yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Adrianus menjelaskan, dari 35 UPT tersebut, 65.71% atau 23 UPT termasuk zona hijau, dengan predikat Kepatuhan Tinggi. 

Adapun hasil kajian dengan metode mystery shopping terhadap pelayanan pemeriksaan karantina di 10 UPT tidak menunjukkan potensi terjadinya maladministrasi. Metode mystery shopping dilakukan ORI dengan mengamati dan mengevaluasi kualitas pelayanan dengan cara berperan sebagai pemohon atau pengguna layanan yang dilengkapi dengan kamera tersembunyi. 

Sebagai informasi pada 13 Maret 2015 ORI telah memberikan Rekomendasi Perbaikan Pelayanan Publik di Pelabuhan laut Utama terkait Upaya Percepatan Dwelling Time kepada Pemerintah. 

Oleh karena itu Kepala Badan Karantina Pertanian langsung memberikan respon dan komitmen atas rekomendasi ORI tersebut. 

Komitmen yang diberikan Kepala Badan Karantina Pertanian adalah dengan melakukan aksi perbaikan, salah satunya penandatanganan komitmen Kesanggupan Penerapan Standar Pelayanan Publik pada Unit Pelaksana UPT (UPT) lingkup Badan Karantina Pertanian. 

“Kami akan terus meningkatkan kualitas layanan karantina, sesuai janji layanan kepada masyarakat”, ungkap Banun Harpini.(if/mk)