Olimpiade Tokyo: Total Perolehan Medali di Hari ke-11

By Nad

nusakini.com - Internasional - Ajang olahraga terbesar di dunia, Olimpiade Tokyo sudah memasuki hari pertandingan ke-11 sejak dimulai dengan upacara pembukaan pada tanggal 23 Juli lalu. Sudah banyak atlet yang pulang ke negara masing-masing karena pertandingan mereka sudah selesai. Ada yang pulang dengan medali, ada juga yang tidak.

Olimpiade Tokyo seharusnya diselenggarakan tahun lalu, namun karena pandemi akhirnya harus diundur. Dalam edisi di Tokyo ini, 205 negara menjadi peserta, termasuk Tim Pengungsi (Refugee Olympic Team) sehingga totalnya ada 206 kontingen.

Dengan lebih dari 11.000 atlet bertanding, ada 46 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Cina menempati peringkat pertama dalam tabel medali. Walaupun total medalinya di bawah Amerika Serikat, jumlah medali emas yang mereka raih menjadi penentu peringkat mereka. Cina kini memiliki 32 emas, 21 perak, dan 16 perunggu. Cina mendapatkan medali emas terbanyak dari cabor angkat besi, yaitu 7 emas, lalu disusul oleh menyelam dengan 5 emas.

Amerika Serikat berada di peringkat 2 dengan total perolehan medali sebanyak 72. Mereka mendapatkan 24 medali emas, 27 perak, dan 21 perunggu. AS mendapatkan emas paling banyak dari olahraga berenang dengan 11 emas. Olahraga renang ini mendominasi karena total perolehan medali AS dalam cabor ini adalah 30 medali dengan 10 perak dan 9 perunggu.

Tuan rumah Jepang menduduki peringkat ketiga dengan jumlah medali sebanyak 36. Medali emas yang dimiliki Jepang adalah 19. Judo menjadi olahraga dengan penyumbang medali emas terbesar bagi Jepang dengan 9 emas.

Pertandingan Indonesia dalam Olimpiade sudah selesai karena 28 atlet yang mengikuti 8 cabang olahraga sudah bertanding semuanya. Maka dari itu, perolehan medali total Indonesia adalah 5 medali, 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu. Indonesia menempati peringkat 39, sama dengan Austria dan Serbia. Di antara negara-negara Asia Tenggara, Indonesia masih menempati peringkat 1.